Dear Pak Herman, KPK Mulai Verifikasi Soal Dugaan Penyelewengan Bantuan Gempa Loh

oleh
Herman Suherman kembali dilaporkan ke KPK soal dugaan penyelewengan bantuan gempa Cianjur
Herman Suherman kembali dilaporkan ke KPK soal dugaan penyelewengan bantuan gempa Cianjur (Foto: Ali Fikri, ist.)

kataberita.id, Cianjur – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini masih melakukan proses verifikasi terhadap aduan masyarakat, terkait dugaan penyelewengan penyaluran bantuan gempa Cianjur oleh Bupati Cianjur Herman Suherman.

Tercatat, setidaknya ada dua laporan yang tengah ditelisik dan didalami KPK.

“Informasi yang kami peroleh, benar KPK telah menerima laporan masyarakat tersebut, sejauh ini tim masih verifikasi,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

Menurut Ali, verifikasi itu merupakan salah satu tahap yang dilakukan oleh Tim Pengaduan Masyarakat KPK setelah menerima adanya laporan. Kemudian, barulah laporan itu ditelaah guna penggalian informasi.

Baca Juga :   Breaking News: KPK Tangkap Tangan Bupati Kutai Timur Ismunandar!

“Karena setiap ada laporan pasti Tim Pengaduan Masyarakat KPK segera melakukan verifikasi awal dan melanjutkan pengaduan tersebut ke tahap telaah untuk menggali informasinya lebih lanjut,” ucap dia.

Dia memastikan KPK bakal proaktif dalam mengumpulkan dan menelusuri sejumlah keterangan dan informasi tambahan. Ia menyebutkan proses itu bakal menjadi penilaian apakah laporan itu masuk ranah tindak pidana korupsi atau tidak

“Proses ini penting untuk menilai apakah pokok aduan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk ranah tindak pidana korupsi dan tentu menjadi kewenangan KPK-kah atau tidak,” ujar Ali.

Baca Juga :   Mengenal Nur Afifah Balqis, Bendum DPC Demokrat Jadi Koruptor Termuda

Jika memang ada tindakan yang mengarah pidana dari laporan itu, kata Ali, KPK bakal menindaklanjutinya dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Apabila aduan tersebut memang valid menjadi kewenangan KPK, tentu akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tutup Ali.

Sebelumnya diberitakan, KPK memang menerima adanya dua aduan dugaan tindak pidana korupsi dalam penyaluran bantuan gempa di Cianjur. Kedua laporan itu bersumber dari aduan masyarakat.

Salah satu pihak pelapor tersebut mengaku merupakan bagian dari Ascena Humanis. Namun hal ini dibantah oleh pihak Ascena.

Baca Juga :   KPK Dalami Laporan Soal Dugaan Bupati Cianjur Selewengkan Dana Bantuan Gempa

Kemudian, laporan kedua tak dijelaskan Ali. Sebab, Ali mengatakan bahwa pelapor dugaan tindak pidana korupsi itu serta aduannya dilindungi oleh masyarakat.

Ascena Humanis Bantah Lapor ke KPK

KPK Membenarkan Adanya Laporan Dugaan Bupati Cianjur Pangkas Bantuan Gempa
KPK Membenarkan Adanya Laporan Dugaan Bupati Cianjur Pangkas Bantuan Gempa (ist.)

Salah satu yang sempat disebut sebagai pelapor, yakni pihak Acsena Humanis Respon Foundation, merespons soal pelaporan dugaan penyelewengan bantuan dari Emirates Red Recent ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acsena Humanis menegaskan pihaknya tidak pernah membuat laporan tersebut.