Deretan Manfaat dari Meniup Balon

oleh -
Manfaat meniup balon
Manfaat meniup balon (sumber: pexels.com)

kataberita.id – Apakah anda tahu, jika Manfaat Meniup Balon ini cukup penting? Terlebih untuk usia anak-anak yang sedang berada di fase pertumbuhan dan perkembangan.

Tidak hanya itu, beberapa tanda-tanda masalah tumbuh kembang juga terlihat dari bagaimana kemampuan anak meniup balon.

Namun tidak hanya untuk anak-anak, karena orang dewasa juga bisa merasakan manfaat tersebut. Dalam sebuah serial drama korea, seorang pasien diharuskan melakukan terapi meniup balon setiap hari!

Mari simak beberapa Manfaat Meniup Balon yang sepertinya belum banyak diketahui oleh masyarakat. Enjoy!

3 Manfaat dari Meniup Balon

  1. Merangsang Motorik Anak

Manfaat Meniup Balon yang pertama adalah untuk merangsang sensor motorik anak-anak, khususnya yang berusia toddler. Pada kegiatan tiup balon, mereka sedang melakukan latihan kekuatan pada area wajah.

Manfaat dari kegiatan oral motor dengan meniup balon ini sendiri adalah untuk membantu mereka dalam kegiatan makan hingga merangsang kemampuan berbicara.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Paru-paru
Baca Juga :   Tahun 2021 Dompet Rakyat Tipis: Rokok Naik, Iuran BPJS Kesehatan Mahal

Ini seperti apa yang kita sampaikan di awal, bahwa Manfaat Meniup Balon juga ada dalam bidang medis. Kegiatan meniup balon ini sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah dengan paru-paru, misalnya sulit bernafas.

Untuk meningkatkan fungsi paru-paru, para penderita penyakit ini memang harus melakukan terapi tiup balon setiap hari, dengan jumlah latihan hingga 15 kali percobaan!

Selain untuk meningkatkan fungsi paru, meniup balon juga banyak dilakukan untuk daya tahan paru-paru. Hal ini dikarenakan, oksigen yang diproduksi lebih banyak.

Selain berkaitan dengan produksi oksigen, meniup balon juga bermanfaat untuk otot-otot yang berada di sistem pernafasan kita. Ketika anda meniup balon, otot yang banyak bergerak adalah otot pernafasan dan otot aksesoris.

Hal ini dikarenakan ketika anda meniup balon, paru-paru anda juga bergerak, baik mengembang hingga membuka untuk mengeluarkan dan memasukkan udara.

  1. Berperan dalam Membentuk Struktur Wajah
Baca Juga :   Tahun 2021 Dompet Rakyat Tipis: Rokok Naik, Iuran BPJS Kesehatan Mahal

Jangan salah, selain digunakan dalam bidang medis dan parenting, meniup balon juga bermanfaat untuk bidang kecantikan.

Salah satu Manfaat Meniup Balon untuk kecantikan adalah untuk meniruskan pipi! Apakah anda pernah mencobanya? Hal ini dikarenakan adanya pergerakan otot-otot di pipi yang mengembang dan mengempis.

Namun untuk kegiatan yang satu ini, ada baiknya anda juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang memang sudah berpengalaman dan memiliki kapasitas di bidang kecantikan ini.

Secara umum, balon memang banyak digunakan untuk hiasan di momen-momen bahagia, seperti pesta ulang tahun hingga pernikahan. Balon sendiri memang memberikan kesan bahagia dan ceria, baik dari bentuk hingga warnanya.

Itulah kenapa, untuk mendapatkan berbagai bentuk, ukuran hingga warna balon tidaklah susah, mengingat kondisi tingginya minat pasar terhadap barang yang terbuat dari karet ini.

Baca Juga :   Tahun 2021 Dompet Rakyat Tipis: Rokok Naik, Iuran BPJS Kesehatan Mahal

Namun, tidak semua toko offline  menyediakan balon dengan banyak variasi. Maka untuk mengatasi hal ini, anda bisa berbelanja di marketplace, seperti Blibli.

Di Blibli, anda akan menemukan banyak jenis balon, mulai dari yang karet doff, chrome, foil angka, balon karakter hingga kostum balon karakter! Semua produk yang disediakan Blibli ini sudah terjamin kualitasnya, ya. Harga jangan ditanya, karena sangat terjangkau!

Seperti balon bahan latex misalnya, balon ini cukup aman ketika ditiup manual maupun menggunakan alat. Nah, untuk mendapatkan informasi seperti ini, Blibli memberikan Fitur Diskusi yang bisa digunakan untuk semua penggunanya.

Manfaat Meniup Balon seperti yang disampaikan tadi, memang memiliki peranan yang cukup banyak, mulai dari motorik anak hingga membentuk wajah tirus. Meskipun harganya murah dan merupakan permainan sederhana, ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kita. (icn/kataberita)