Merayakan HUT RI Ke 77, Para Pemuda Kampung Maleber Ciherang di Cianjur Gelar Seni Budaya Sunda

oleh
Para Pemuda Maleber Gelar Seni Budaya Sunda
Para Pemuda Maleber Gelar Seni Budaya Sunda (doc. kataberita)

kataberita.id, Cianjur — Hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) merupakan hari yang bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain menyimpan segudang kisah perjuangan para pahlawan,terlebih moment ini telah melahirkan sebuah kegembiraan didalamnya.

Seluruh rakyat Indonesia lantas merayakanya dengan melakukan berbagai kegiatan lomba hingga sampai saat ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan serempak dari sabang sampai merauke.

Salah satunya seperti yang dilakasanakan di wilayah Kampung Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Kegiatan itu terlihat berbeda dari biasanya.

Para Pemuda di Cianjur gelar festival seni budaya sunda (doc. kataberita)

Alge Kusuma, selaku tuan rumah sekaligus Tokoh Pemuda mengatakan, ”Kegiatan ini digelar di Desa Ciherang. “Ada Carnaval Ngaos Mamaos Maenpo yang menjadi pilar kebudayaan di kabupaten Cianjur yang di tambah dengan tema perjuangan, ada pula kegiatan lainnya seperti Makan Nasi Liwet Bareng, Degungan, Band, Silat, Celempungan, serta angklung” ujar Alge di lokasi acara lomba yang diselenggarakan di Lapang Maleber, Desa Ciherang, Pacet, Cianjur, Minggu, (4/9/2022).

Baca Juga :   HMI Cabang Cianjur Tolak RUU KPK

Kegiatan lomba yang bertajuk ‘Lestari Seni Budaya Sunda, dan Jaya Indonesiaku’ itu diikuti oleh peserta se- Desa Ciherang.

”Kegiatan ini semata untuk mempersatukan pemuda anak bangsa dan sekaligus juga untuk membangkitkan kelestarian seni budayanya,” ujar Alge kepada kataberita.id.

“Dari sini kita beranjak untuk mempersatukan antar pemuda, antar kelompok, dan dari sini juga sebagai perwujudan yang nyata agar para regenerasi pelaku seni budaya di Kabupaten Cianjur ini dapat berbaur satu dengan yang lainya, sehingga kesenian budaya tanah air bisa terus tercipta kelestarianya dan tidak mudah termakan oleh jaman,” imbuhnya.

Baca Juga :   Aliansi Mahasiswa Unsur di Cianjur Gelar Aksi Cabut Omnibus Law

Kedepan, Alge berharap agar kegiatan ini bisa terus terlaksana sampai ke anak cucu serta terus mendapat dukungan dari seluruh stakholder.

Sementara, Kades Ciherang, Acep Haryadi menyampaikan,”Apresiasi yang tinggi kepada Alge Kusuma. Menurutnya, hal yang dilakukanya itu merupakan bentuk percontohan yang baik bagi generasi muda-mudi se- Jawa Barat Khusus nya di Desa Ciherang.,Ujarnya

Baca Juga :   PTKP HMI Cabang Cianjur Mengecam Perilaku Pejabat PDAM dan Mendorong Plt Bupati untuk Bersikap Tegas

“Saya sangat mengapresiasi, ini patut dicontoh bagi generasi muda-mudi khususnya para pelaku seni budaya di Jawa Barat, ini sangat memberi pengaruh yang positif sehingga kelestarian seni budaya kita bisa terus terus terjaga dengan cara seperti ini,” tutupnya. (icn/kataberita)