Airlangga Hartarto Optimis, Golkar-PAN-PPP Sudah Memenuhi Syarat untuk Mengusung Capres di 2024

oleh
Pertemuan Airlangga, Zulkifli Hasan, Suharso Monoarfa. Foto: Dok. Istimewa
Pertemuan Airlangga, Zulkifli Hasan, Suharso Monoarfa. Foto: Dok. Istimewa

kataberita.id — Ketua Umum Partai Golkar Airlangga optimis dengan kerja sama dengan PAN dan PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Terlebih, Golkar, PAN, dan PPP sudah memenuhi syarat untuk mengusung calon presiden di Pilpres 2024.

“Alhamdulillah. Golkar, PAN, dan PPP sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan calon di dalam pilpres,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar dalam rangka silaturahmi nasional, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/5) malam.

Baca Juga :   Gibran Maju Pilpres 2024? Tapi Tak Memenuhi Syarat, Ini Alasannya

Syarat mengusung capres bagi parpol yakni minimal memiliki 115 kursi di DPR. Golkar saat ini memiliki 85 kursi, PAN 44 kursi, sementara PPP 19 kursi. Artinya, total kursi KIB mencapai 148 atau melebihi ambang batas.

Airlangga memastikan konsolidasi dengan PAN dan PPP sudah dimulai dan akan terus berjalan. Ketiga parpol ini pun berencana menggelar silaturahmi di Jawa Barat pada 3 Juni mendatang.

Baca Juga :   Hati-hati! Minyak Goreng Curah Sulit Diawasi, Mudah Dioplos dengan Minyak Jelantah

Meski begitu, Airlangga mengungkap KIB masih belum bicara soal capres. Ia hanya memastikan nama capres usungan KIB akan dikantongi dalam 19 bulan ke depan.

“Wah, [penentuan capres] itu jilid berikutnya. Kita baru jilid satu. Ya target tentu [ada], 19 bulan ke depan,” terang Airlangga kepada wartawan secara terpisah.

Airlangga menambahkan, pihaknya juga masih membuka komunikasi dengan partai lain. Ia tak menutup peluang apabila ada parpol yang ingin bergabung dengan KIB.