Anies Baswedan Bagi-bagi Kaos di Mudik Gratis, Dishub: Demi Allah Saya Tau dan Tak Fasilitasi Itu

oleh
Mudik Gratis DKI Jakarta
Mudik Gratis DKI Jakarta (ist. via detik)

kataberita.id — Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat menegaskan, pihaknya tak pernah membagikan kaos bergambar wajah Gubernur DKI Anies Baswedan kepada peserta mudik gratis. Yayat mengaku bingung maraknya peserta mudik yang mengenakan baju tersebut.

“Demi Allah saya tidak pernah tau-menahu dan tidak pernah memfasilitasi kaitannya dengan adanya kaos itu. Makanya saya juga bingung,” kata dia saat dihubungi, Kamis, 28 April 2022.

Baca Juga :   Refly Harun: Jika Gubernur DKI Jakarta Dipidana, Jokowi Pun Bisa Kena Juga

Sebelumnya, beredar pemberitaan peserta mudik gratis memakai kaus putih bergambarkan wajah Anies. Dalam baju itu juga tertulis ‘Anies Baswedan Presiden Indonesia’.

Dalam unggahan Instagram Story @aniesbaswedan juga tampak beberapa orang mengenakan baju serupa. Unggahan tersebut dibagikan saat Anies melepas peserta mudik gratis di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur kemarin.

Anies pun membagikan sesuatu berbentuk kotak putih menyerupai paket kepada peserta mudik gratis di sana. Menurut Yayat, paket yang dibagikan Anies berisikan alat-alat kesehatan alias toolkits, seperti hand sanitizer dan masker.

Baca Juga :   Jakarta Catat Rekor Pemakaman Jenazah Covid-19, Gubernur Anies: Ancaman Wabah Itu Nyata

Toolkits-nya dari PMI (Palang Merah Indonesia), bukan dari Dinas Perhubungan,” ujar dia.

Dinas Perhubungan DKI, Yayat menerangkan, juga tidak pernah mengalokasikan anggaran untuk memberikan sesuatu kepada peserta mudik gratis. “Tidak pernah ada.”

Total anggaran untuk mudik gratis tahun ini mencapai Rp 13,7 miliar. Anggaran itu diperuntukkan menyewa bus untuk membawa 19.680 peserta mudik gratis. Dishub DKI juga menyewa truk untuk mengangkut sepeda motor.