SBY Berpeluang Jadi Capres? Ini Kata Politisi Demokrat

oleh
SBY
Susilo Bambang Yudhoyono (istimewa)

kataberita.id — Muncul wacana perpanjangan periode masa jabatan presiden. Wacana itu dinilai menguntungkan bagi Presiden Joko Widodo. Selain Jokowi, Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga diuntungkan.

Bagaimana peluang SBY untuk mencalonkan diri sebagai presiden?

Politisi Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan bahwa Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemungkinan tidak akan maju kembali sebagai calon presiden (capres) pada 2024.

Baca Juga :   Survei IndEX: Faktor Utama AHY, Elektabilitas Partai Demokrat Naik, Tapi PDIP Masih Memimpin

Hal tersebut ditegaskannya untuk menanggapi soal survei terkini Institut Riset Indonesia (Insis) yang menunjukkan bahwa SBY berpeluang kembali ikut serta pada kontestasi pilpres menyusul wacana amendemen konstitusi.

“Jadi Pak SBY orangnya sangat taat asas dan pro demokrasi, serta patuh terhadap konstitusi. Jadi tidak mungkin tertarik,” kata Kamhar, dikutip kataberita.id dari kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga :   Innalillahi Wa Innaillahi Rojiun, Ibunda Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Meninggal Dunia

Kamhar mengemukakan, SBY juga berulang kali menyampaikan tidak akan mengotak-atik konstitusi terkait penambahan masa jabatan presiden.

Hal tersebut bahkan disampaikannya ketika masih menjabat sebagai kepala negara atau Presiden keenam RI.

“Beliau menyadari bahwa kekuasaan itu menggoda, tetapi kita tidak boleh terlena atau terjebak untuk masuk pada jebakan godaan kekuasaan tadi untuk kemudian melanggengkan kekuasaan,” ucap dia.

Baca Juga :   Nasib Pencapresan Anies Dipertanyakan, Pengamat: Ini Koalisi Sebenarnya Jadi Apa Enggak sih?

Menolak dengan tegas wacana tiga periode…