Menghadapi Pemilu 2024, Nasdem Sangat Mungkin Berkoalisi dengan Demokrat, Tapi Syaratnya…

oleh
Surya Paloh dan AHY
Surya Paloh dan AHY

kataberita.id — Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, menegaskan bahwa partainya terbuka berkoalisi dengan siapa saja. Hal tersebut disampaikan Ahmad Ali menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait peluang membentuk poros alternatif dengan Partai Nasdem.

“Nasdem sejak awal saya sudah sampaikan bahwa Nasdem partai terbuka. Kita tidak menutup kemungkinan semua partai melakukan koalisi dalam menghadapi pemilu 2024, khususnya dalam pemilihan presiden,” kata Ahmad kepada wartawan, Senin (18/4).

Baca Juga :   Wacana Penundaan Pemilu 2024, Masinton Sindir Keras Luhut: Menteri-menteri Bertugaslah Sesuai dengan Poksinya

Namun demikian Ahmad mengatakan, Nasdem tidak ingin membabi buta membangun koalisi demi mengejar satu kepentingan politik. Ia pun memberikan sejumlah catatan yang harus dipenuhi Partai Demokrat jika ingin berkoalisi dengan Partai Nasdem.

“Kita mau ingin menang tapi kita tidak mau menang terus melakukan menjatuhkan orang lain,” ujarnya.

Ia menambahkan, Partai Nasdem saat ini menjadi bagian dari partai pendukung pemerintah. Konsistensi Nasdem dalam mendukung Presiden Jokowi akan tetap dijaga Partai Nasdem hingga 2024.

Baca Juga :   Secara Hukum KLB Demokrat Moeldoko Bisa Dipertanggungjawabkan dong? Ternyata Ini Alasannya...

“Kita juga tidak mau kemudian partai berkoalisi dengan partai Nasdem kemudian membabi buta justru melakukan mencari popularitas dengan membuat berita-berita hoaks menjatuhkan pemerintah yang ada hari ini. Jadi bahwa Nasdem terbuka berkoalisi dengan Demokrat sangat mungkin dengan catatan yang saya katakan tadi,” terangnya.

Ahmad mengatakan bahwa Partai Nasdem ingin mengambil hati rakyat tanpa mencederai orang lain. Karena itu menurutnya Partai Demokrat tidak perlu membandingkan pemerintahan Jokowi dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca Juga :   Mantan Pegawai KPK Berkomentar Soal Cuitan Ferdinand ‘Allahmu Lemah’

“Setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya kan. Semua ada kelebihan ada kekurangannya. Jadi ayo kita berjuang untuk mengambil hati rakyat dengan menawarkan gagasan dan program yang bagus termasuk figur-figur yang kita usung itu yang memenuhi ekspektasi masyarakat tanpa sekali lagi, tanpa menjelek-jelekan yang lain,” ucapnya.