Netizen Ramai Soroti Jokowi Lakukan Ritual Kendi Nusantara: Jahiliyah, Syirik!

oleh
Ritual Kendi Nusantara
Ritual Kendi Nusantara (antara)

kataberita.id — Ritual menyatukan tanah dan air dari 34 provinsi atau disebut ritual kendi nusantara yang dilakukan Senin (14/3/2022) kemarin masih menjadi sorotan. Sejumlah netizen bahkan menyebut ritual ini merupakan tindakan jahiliyah yang menghina martabat manusia sebagai mahluk sempurna dan mulia.

Tidak sedikit warganet yang bereaksi atas ritual kendi yang dilakukan Presiden Jokowi bersama Gubernur se-Indonesia di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Tagar ritual syirik pun membanjiri lini masa media sosial Twitter.

Baca Juga :   Heboh! Gambar Bangunan'Istana Presiden' Jokowi Berbentuk Garuda di Ibu Kota Baru

“Ketika Halal & Haram (Religius) di Titik Nol oleh Budaya & Tradisi, sesungguhnya itu tindakan “Jahiliyah” yg menghina Martabat Manusia (Makhluk Sempurna & Mulia). Hentikan #RitualSyirik IKN, sebelum murka Allah turun. #RitualSyirik IKN pembodohan masyarakat Madani.”, cuit salah satu netizen, dikutip kataberita.id dari Terkini.id (Jaringan Suara.com), Selasa (15/3/2022).

Ritual kendi yang dilakukan kemarin banyak dikecam masyarakat lantaran dinilai tidak sesuai ajaran Islam. Ritual itu terbilang mempertontonkan perbuatan yang dilarang agama dan mereka pun mengaitkan hal tersebut dengan isu Islamophobia.

Baca Juga :   Jreng... Jokowi Kumpulkan Kelompok Cipayung Plus di Istana Negara, Ketua ProDEM Sebut Penguasa Sedang Panik dan Rapuh

“Ternyata ini salah satunya kalian memang islamophobia hal-hal Syirik masih kalian lakukan mengatasnamakan kepentingan negara”, cuit netizen yang lain.

sebagian warganet juga mengaitkan perjalanan Jokowi ke IKN Nusantara yang tidak mengikutsertakan wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin.

“Dulu berangkat nyalon berpasangan, bahkan untuk pasangan pun sempat gaduh sampai detik-detik terakhir. Lah kok kerja besar bangun IKN datang tidak berpasangan tapi dengan istri? Ini ritual demi negara atau ritual pribadi?”

Baca Juga :   Wacana Pilpres Diundur Bahayakan Demokrasi dan Pojokan Jokowi

Diketahui, Presiden Joko Widodo bersama Gubernur se Indonesia menggelar acara ritual kendi, Senin kemarin, 14 Maret 2022. Ritual ini dilaksanakan di titik nol IKN Nusantara dengan penyerahan tanah dan air yang dibawa oleh masing-masing gubernur dari daerahnya. (sumber/kataberita)