Tak Elok, Trotoar Jalan di Cianjur Menjadi Tempat Penampungan Sampah

oleh -
Dilarang Membuang Sampah
Sampah Menumpuk di Trotoar Cianjur (doc. kataberita)

kataberita.id — Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia, sebagian besar mereka adalah para pembuang sampah yang tidak bijak, terlebih bagaimana jika pemerintah tidak cermat dalam mengatasi persoalan pengelolaan sampah?

Seperti yang terjadi di Cianjur, pengelolaan sampah belum bisa diatasi dengan baik. Salah satu contoh nyatanya adalah banyaknya sampah yang menumpuk bahkan berserakan di beberapa trotoar jalan di jantung kota. Sehingga ruas jalan yang sering dipakai untuk berjalan kaki, begitu kotor dan membuat aroma tak sedap.

Baca Juga :   Akan Memasuki Masa Pensiun, Plt Kadisdikbud Oting Masih Menjabat?

Lutfi, pengurus Pemuda Peduli Lingkungan mengemukakan peran Dinas Lingkungan hidup, kini tidak sesuai dan sangat gagal, karena pemerintah seharusnya memfasilitasi bank sampah atau Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di setiap titik trotoarnya.

“Peran pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup kini gak berfungsi dengan baik dan sangat gagal. Keadaan sekarang ini, trotoar malah menjadi tempat penampungan sampah yang memang bukan tempatnya untuk penampungan sampah,” protes Lutfi.

Aktivis lingkungan hidup ini sangat menyayangkan atas kondisi sampah yang sudah terbiasa menumpuk di trotoar-trotoar jalan di Cianjur setiap harinya, hingga mempertanyakan anggaran dari pemerintah untuk pengadaan bank sampah.

Baca Juga :   BEM Unsur Akan Ajak Warga Datangi Kantor Perumdam Tirta Mukti

“Sangat disayangkan dan patut dicurigai, jika ada Perda tentang pengelolaan sampah, lalu anggaran untuk bank sampah di Cianjur larinya kemana sih?” imbuhnya.

Dari pantauan kataberita.id hari minggu (21/11/2021), di beberapa titik jalan yang memang bukan untuk fasilitas sampah kini menjadi tempat penampungan sampah yang tak elok pemandangannya, seperti di trotoar jalan SMPN 2 Cianjur, jalan trotoar lapangan Prawatasari, jalan trotoar Citimal Cianjur, jalan trotoar makam pahlawan Cianjur, dan di ruas jalan lainnya yang masuk di kecamatan kota Cianjur.

Baca Juga :   Kecelakaan Maut Mengerikan Terjadi Lagi di Gekbrong Cianjur

Trotoar-trotoar bukanlah tempat layak membuang dan menampung sampah, dan trotoar seharusnya adalah fasilitas publik untuk berjalan kaki. Namun hari ini di kabupaten Cianjur, pengalihan fungsi trotoar yakni sebagai lahan untuk menampung sampah. (kataberita/icn)