Wow! Gubernur Anies Raih Penghargaan Lagi, Netizen: Keren! Baca Buku Anti-Baper

oleh
Anies Baca Buku
Anies Baswedan Baca Buku Anti Baper (instagram/abiesbaswedan)

kataberita.id — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto sedang membaca buku berjudul Buku Anti-Baper di akun Instagram. Unggahan itu merupakan satu dari 10 foto yang dia unggah sebagai tanggapan atas penobatan Jakarta sebagai kota sastra dunia yang diumumkan UNESCO pada Senin (8/11/2021) lalu.

Alhamdulillah, Jakarta terpilih sebagai City of Literature atau Kota Sastra Dunia, diumumkan oleh UNESCO pada 8 November 2021 kemarin. Jakarta termasuk bersama 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif dunia (UNESCO’s Creative City Network) tahun 2021 dan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang terpilih,” tulisnya.

Baca Juga :   Program Unggulan Gubernur Anies Banyak yang Gagal, eh Malah Sibuk Safari Politik

Dia mengungkapkan bahwa pemilihan itu didasarkan pada kategori bahwa Jakarta sebagai kota telah memiliki sejarah panjang dan memiliki potensi besar untuk peningkatan dan pengembangan sastra dan literasi.

“Kami merasa sangat bangga atas pemilihan UNESCO ini. Sebagai sebuah kota, Jakarta harus dibangun secara berkelanjutan. Pembangunan infrastruktur yang kami lakukan selama ini penting untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang maju. Tetapi kami juga meningkatkan manusianya. Inilah yang akan mendorong proses pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Dia mengatakan, pemberian gelar kehormatan dari UNESCO itu adalah buah dari kerja panjang dengan kolaborasi banyak pihak di antaranya, pelaku perbukuan, lembaga dan organisasi literasi, dan kementerian lainnya.

Baca Juga :   Elektabilitas Naik, Elemen Masyarakat di Cianjur Deklarasi Dukung Anies Baswedan Maju di Pilpres 2024

Anies mengungkapkan, dengan predikat Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia, dia memastikan bahwa akar sejarah yang kuat itu akan terus dijaga dan kembangkan di masa yang akan datang.

“Hari ini Jakarta menjadi tuan rumah dari 5.604 perpustakaan, 1.240 penerbit, dan 30 persen dari seluruh toko buku modern Indonesia ada di kota ini,” ungkapnya.

Unggahan Anies mendapat respons beragam dari para pengguna media sosial instagram. Umumnya, mereka menyoroti judul buka terakhir yang diunggah Anies. Misalnya akun @bacajakarta yang juga mengapresiasi capaian DKI atas penghargaan UNESCO itu.

“Kilas balik gerakan #bacajakarta ya pak. Selamat untuk kita semua,” tulisnya.

Baca Juga :   Puisi : Raeditya Andung Susanto

Sementara akun @sri_maela menulis begini “Buku anti Bapernya tolong disumbangkan ke sono, pak,” tulisnya.

Sementara akun cep_arief menulis kalimat yang juga tak kalah menggelitik. “Slide yang terakhir keren pak. Buku anti Baper,” katanya.

Sebelumnya, Anies tampil di salah satu acara hiburan favorit di salah satutelevisi swasta. Pada sesi Introgasi Anies, ratu Roasting, Kiky Saputri meroasting Anies habis-habisan. Tetapi, Anies tak menunjukan tanda-tanda baper dengan roastingan itu sepanjang acara. Anies bahkan menikmati acara itu hingga selesai. (sumber/kataberita)