Duh! ini Menteri yang Kinerjanya Rendah, dan Layak Di-Reshuffle…

oleh
menteri baru Jokowi
Pengumuman Menteri Kabinet Indonesia Maju yang Baru oleh Presiden Ri Ir. Joko Widodo (youtube/sekretariat presiden)

kataberita.id — Pengamat komunikasi dan politik Jamiluddin Ritonga menyebut nama-nama menteri yang berkinerja rendah, pembuat gaduh, dan memanfaatkan jabatan untuk meningkatkan elektabilitas dan layak masuk reshuffle kabinet.

Ia membeber nama-nama menteri yang kinerjanya rendah.

“Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate,” ujar Jamiluddin, melansir GenPI.co, Kamis (11/11).

Baca Juga :   Diprediksi Banyak Menteri Tak Kena Reshuffle, Prabowo hingga Basuki Aman

Selain itu, ada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dia menilai Ida Fauziyah tidak memberikan solusi yang mumpuni dalam mengatasi tingginya pengangguran di Indonesia akibat dampak pandemi covid-19.

“Kalau Budi Gunadi Sadikin harusnya terdepan dalam menanggulangi pandemi Covid-19, bukan Luhut, Airlangga, dan Satgas Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga :   Menteri Bolak-balik Bicara Minta Jaga Prokes, PDIP: Gak Penting Begitu Lagi

Sementara, Tjahjo Kumolo dinilai adem ayem. Ia menilai Tjahjo tidak ada gebrakan monumental terkait reformasi birokrasi.

“Kalau Johnny Gerard Plate sungguh mengerikan karena dia tidak berbuat banyak dalam membenahi bidang komunikasi,” tegasnya. Apalagi, komunikasi publik yang buruk selama pandemi Covid-19 seharusnya menjadi tanggung jawab Johnny Gerard Plate.

Namun, peran itu tidak pernah dilakukan dengan baik sehingga masalah komunikasi publik tetap dipegang Satgas covid-19 dan Kementerian Kesehatan.