Heboh! Dosen UI Ade Armando Sebut di Alquran Tak Ada Perintah Salat 5 Waktu

oleh -
Ade Armando
Ade Armando sebut tidak ada perintah salat lima waktu di Alquran (tangkapan layar)

kataberita.id — Ade Armando mengungkapkan opini mengejutkan tentang perintah salat bagi umat Islam. Dosen Universitas Indonesia ini menyebutkan bahwa tidak ada perintah salat lima waktu di Alquran.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ade untuk menanggapi pendapat Imam Masjid New York Shamsi Ali yang menyebut dirinya mengingkari Islam karena tak menjalankan syariat.

Ade awalnya menyinggung soal umat Islam yang masih belum mengerjakan salat lima waktu. Dia mempertanyakan apakah hal tersebut bisa dibilang mengingkari syariat Islam.

“Di dunia ini saja banyak sekali muslim yang tidak salat lima waktu. Apakah mereka mengingkari Islam?” ucap Ade Armando pada video yang dibagikan di kanal YouTube CokroTV, Senin (1/11/2021).

Dosen Komunikasi itu lantas menyampaikan opini lanjutan dengan menyebutkan bahwa tidak ada perintah salat 5 waktu di dalam Alquran. Dia meminta publik untuk memeriksa hal tersebut.

Baca Juga :   Andika Perkasa Terpilih Menjadi Panglima TNI, Ternyata Agamanya...

“Saya sih salat lima waktu walaupun saya tahu sebenarnya di dalam Alquran tidak ada perintah salat lima waktu. Coba saja baca Alquran, Anda tidak akan menemukan ayat yang mengatakan salat itu harus dilakukan lima kali sehari,” ujar Ade lagi.

Ade menjalankan salat lima waktu karena sejak kecil sudah melakukannya dan menganggapnya sebagai bentuk komunikasi kepada Tuhan yang konstan.

“Toh saya melakukannya karena sejak kecil saya salat dan saya merasa perlu berkomunikasi dengan Tuhan secara konstan,” tambahnya.

“Tapi saya tidak menganggap teman-teman muslim saya yang tidak melakukan salat, tidak berpuasa, minum wine misalnya sebagai kurang Islam daripada saya atau apalagi sebagai orang yang mengingkari Islam,” tegas Ade.

Baca Juga :   Ade Armando Menilai Banyak Mualaf yang Menyebarkan Cerita Bohong...

Menurut Ade, sejumlah ayat yang ada di dalam kitab suci umat Islam itu hanya berisi perintah salat tanpa menyebut secara spesifik anjuran untuk melaksanakannya lima kali dalam sehari.

Lebih lanjut Ade mengatakan memang ada hadits yang secara khusus menyebutkan perintah salat berdasarkan waktu. Tapi menurutnya, hadis itu hanya memerintahkan untuk salat tiga waktu saja.

“Lho saya kan spesifik bilang bahwa tidak ada kata salat lima waktu dalam Alquran. Kalau di hadits sih ada. Tapi di hadits juga ada yang bilang tiga,” ucapnya.

Baca Juga :   Apakah ISIS Negara?

Dalam video yang sama, Ade juga menyinggung perihal syariat Islam lain yang ada di Alquran tapi tidak dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Ade Armando lantas mempertanyakan apakah hal tersebut termasuk bukti bahwa umat Islam di Indonesia mengingkari syariat?

Menurut Ade, tidak ada hukum dan aturan Tuhan yang bisa diberlakukan dengan cara yang sama di sepanjang waktu. Dia menganggap bahwa itu harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Konteks abad Arab ke-7 jauh berbeda dari kondisi Indonesia saat ini. Aturan-aturan dalam Alquran banyak sekali yang harus disesuaikan dengan kondisi kita saat ini,” tandasnya. (sumber/kataberita)