Heboh! Warteg di Pasar Pramuka Tekor Usai dikunjungi Anies Baswedan, Benarkah?

oleh -
Anies Baswedan makan di warteg pinggir jalan
Gubernur Anies Baswedan makan di warteg pinggir jalan (tangkapan layar instagram.com/aniesbaswedan)

kataberita.id — Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa warteg di Pasar Pramuka mengalami kerugian seusai dikunjungi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Narasi tersebut disampaikan oleh akun Facebook Yusuf Muhammad. Salah satu unggahan dari akun tersebut mengklaim bahwa sebuah warteg mengalami kerugian setelah dikunjungi oleh Anies Baswedan.

Akun tersebut melampirkan sebuah tangkapan layar artikel dari beritasubang.com yang berjudul “Viral, Pemilik Warteg di Pasar Pramuka Tekor Usai Dikunjungi Gubernur Anies Baswedan”.

Baca Juga :   Disebut Naif oleh Pasha, Giring: Saya Kan Vokalis Nidji Bukan Naif...

Unggahan tersebut disukai 1,4 ribu kali, dikomentari sebanyak 451 kali, dan dibagikan kembali 192 kali.

Berikut narasinya:

“Pemilik warteg tekor usai dikunjungi baginda Abas. Pas di Papua, Jokowi ngasih 1 juta buat satu pedangang. Lha Abas ngasih 1 juta buat sekampung makan di warteg,”

Sebuah warung Tegal (warteg) yang terletak di kawasan Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur mengalami kerugian usai dikunjungi rombongan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis 14 Oktober 2021 siang.

Pasalnya, puluhan warga sekitar datang di warung tersebut usai kunjungan Gubernur DKI Jakarta karena dikira ada makan gratis karena sudah dibayar oleh orang nomor satu di DKI tersebut.

Ramainya warga, membuat seluruh makanan yang ada di warteg milik Takuri (45) langsung ludes hanya dalam tempo setengah jam setelah kunjungan Anies Baswedan.

Menurut Takuri, warga banyak yang mengira diberi makan gratis usai kunjungan Anies Baswedan.

“Usai makan, Pak Anies dan rombongannya memang ngasih duit Rp1 juta. Itu buat bayar makan Pak Anies serta rombongan. Akhirnya pas dia pulang, dikira warga gratis kan. Akhirnya masuk semua,” kata Takuri.

Lantas benarkah narasi tersebut?

Baca Juga :   Rizal Ramli Layak Ditandingkan dengan Jokowi, Tak Kalah Hebat dengan Anies Baswedan

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, klaim yang menyebut warteg di Pasar Pramuka merugi seusai dikunjungi Anies Baswedan tidaklah benar.

Ketua Koordinator Warteg Nusantara (Kowantara) membantah ….