Hacker Indonesia Serang Balik Bajak Tiga Situs Pemerintah Brazil, Ini Alasannya…

oleh -
Tangkapan Layar peretasan situs pemerintah Brazil oleh hacker Indonesia
Tangkapan Layar peretasan situs pemerintah Brazil oleh hacker Indonesia (ist. via kompasTV)

kataberita.id — Peretasan situs Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mendapat balasan dari hacker Indonesia yang balik membajak setidaknya tiga situs pemerintahan Brazil.

Perang hacker ini pertama kali terungkap setelah hacker asal Brazil bernama theMx0nday meretas subdomain BSSN yang beralamat pusmanas.bssn.go.id.

Sampai saat ini, halaman itu tak bisa dibuka, walau situs utama bssn.go.id masih bisa diakses.

Sebelumnya, tim peretas asal Brazil melakukan deface pada subdomain BSSN itu. Mereka pun menyatakan serangan itu adalah balasan atas pembajakan yang sebelumnya dilakukan peretas asal Indonesia.

Baca Juga :   Duh Webinar PGK Kena Hack, Materi Pemaparan Bahlil Muncul Gambar-gambar 'Aneh'

Deface ini adalah balasan untuk orang payah dari Indonesia yang melakukan hack pada situs-situs Brazil. Lihat betapa mudahnya untuk menghancurkan negaramu,” tulis pelaku pembajakan di situs Pusmanas BSSN.

Setelah itu, hacker asal Indonesia kembali menyerang situs-situs pemerintahan Brazil. Peretas yang mengaku bernama /Rayzky_ itu membagikan hasil pembajakannya di website Zone-H.

Baca Juga :   Terkait Data Nasabah BRI Life Bocor, Ternyata Peretas Pakai Komputer Karyawan?

Tiga situs itu adalah pousonovo.rs.gov.br/index.php, www.serio.rs.gov.br, dan bagageiros.granprix.com.br.

“Aku tidak ingin melakukan ini. Sejujurnya, aku tidak terlalu ahli melakukan hacking. Tapi dengan izin Tuhan, aku bisa meretas situs ini,” tulis hacker asal Indonesia itu.

Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Pratama Persadha mengingatkan pemerintah untuk tetap waspada dengan serangan siber ini.

“Jangan dianggap semua serangan deface itu adalah serangan ringan, bisa jadi hacker-nya sudah masuk sampai ke dalam,” kata Pratama pada Senin (25/10/2021), dikutip dari Antara

Baca Juga :   Terkait Data Nasabah BRI Life Bocor, Ternyata Peretas Pakai Komputer Karyawan?

Senada dengan itu, Anggota Komisi I DPR RI Sukamta pun menyoroti keberhasilan hacker menyasar BSSN yang dianggap paling aman dari serangan siber.

“Ini pukulan telak bagi kita semua. Ini menunjukkan entitas-entitas negara yang sudah seharusnya terjamin keamanan dan ketahanan sibernya justru malah kebobolan,” kata Sukamta di Jakarta, Senin.