Dosen UI Mengaku Tidak Percaya Umat Islam Harus Patuh Pada Hukum dan Aturan Islam

oleh -
Ade Armando
Dosen Universitas Indonesia Ade Armando (ist. via republika)

katabrita.id — Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando secara mengejutkan tiba-tiba mengatakan bahwa dirinya tidak mempercayai umat Islam harus menjalankan syariat Islam.

Hal itu ia katakan dalam videonya berjudul berjudul “Mengapa Saya Tidak Percaya pada Syariah” di Cokro TV, Senin, (25/10/2021) kemarin.

Ia menyatakan jika sikap beragamanya itu dalam. “Saya beragama islam, tapi saya tidak percaya bahwa umat Islam harus menjalankan syariat Islam,” tegasnya.

Baca Juga :   Heboh! Netizen Sebut Dosen UI Ade Armando Provokator Sudah Singgung Agama Anthony Ginting

Lanjutnya, ia mengaku tidak percaya umat Islam harus patuh pada hukum dan aturan Islam yang baku dalam mengatur seluruh kehidupan manusia.

Namun, ia mengaku percaya kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, dan Alquran.

Karena itu, ia pun percaya bahwa Allah SWT menurunkan ayat-ayat melalui perantara malaikat kepada Nabi Muhammad.

“Namun, saya tidak percaya bahwa di dalam Alquran, termuat hukum Islam yang harus dijalankan dengan cara yang sama di seluruh dunia di sepanjang zaman,” ucapnya.

Baca Juga :   HMI Cabang Cianjur Bentuk Lembaga Bantuan Hukum

Menurut dia, jika dalam Alquran tidak termuat hukum Allah, itu adalah hukum yang merefleksikan kondisi abad ke-tujuh di tanah Mekkah saat ayat itu diturunkan. 

“Kalangan penegak syariah percaya bahwa Allah menurunkan sebuah paket hukum Islam yang lengkap di abad ke-7 itu,” kata dia.

“Bahkan, hukum itu tidak hanya termuat dalam Alquran, tapi juga dalam ucapan dan perbuatan Nabi Muhammad plus pandangan ulama di abad-abad pertama Islam,” ucapnya lagi.