Pemimpin Senior Al-Qaeda Dibunuh Militer Amerika Serikat Menggunakan Drone

oleh -
Ilustrasi Perang Suriah
Ilustrasi Perang Suriah

kataberita.id — Juru bicara komando pusat Amerika Serikat mengabarkan militer AS telah membunuh pemimpin senior Al-Qaeda, Abdul Hamid al-Matar, di Suriah dalam serangan menggunakan drone.

Melansir dari Aljazeera, Sabtu (23/10/2021), Mayor Angkatan Darat AS John Rigsbee dalam sebuah pernyataan tertulis pada Jumat (22/10/2021) menyebut terbunuhnya pemimpin Al-Qaeda tersebut akan mengganggu organisasi teroris.

Baca Juga :   Korut Tolak Ide Pembicaraan dengan Washington dan Sebut Diplomasi Amerika Serikat "Palsu"

“Penghapusan pemimpin senior Al-Qaeda akan mengganggu kemampuan organisasi teroris untuk merencanakan lebih lanjut dan melakukan serangan global yang mengancam warga AS, mitra kami, dan warga sipil tak berdosa,” kata Rigsbee.

Rigsbee mengatakan tidak ada korban lain yang diketahui dari serangan itu seraya menambahkan bahwa itu dilakukan dengan menggunakan pesawat drone MQ-9.

Baca Juga :   Kim Jong-Un Marah, Korut dengan Malaysia Putus Hubungan, Ini Penyebabnya...

Serangan menggunakan drone tersebut terjadi dua hari setelah sebuah pos AS di Suriah bagian selatan diserang.

“Al-Qaeda terus menghadirkan ancaman bagi Amerika dan sekutu-sekutu kami,” kata Rigsbee.

“Al-Qaeda menggunakan Suriah sebagai tempat yang aman untuk membangun kembali, berkoordinasi dengan afiliasi eksternal, dan merencanakan operasi eksternal.”

Rigsbee tidak menerangkan apakah serangan drone AS dilakukan sebagai pembalasan atas serangan itu. Ia juga tidak mengatakan di wilayah Suriah mana serangan itu dilakukan. (sumber/kataberita)

Baca Juga :   Hari Ini Biden Putuskan 'Hukuman' untuk Raja Arab Saudi?