Diduga Lakukan Monopoli, Jakpro Akan Dilaporkan LK2P ke KPPU

oleh -
KPPU RI

kataberita.id — Lembaga Kajian Kebijakan Publik (LK2P) akan melaporkan PT Jakarta Propertindo atau Jakpro ke Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU RI) terkait dugaan praktik monopoli.

Dijelaskan Ketua LK2P, Firman Mulyadi, PT Jakpro diduga telah melakukan monopoli usaha yang bertentangan dengan UU No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli Usaha dan Persaingan Tidak Sehat.

Baca Juga :   Cianjur Jadi Tuan Rumah LK III HMI BADKO Jawa Barat Ini Pesan KAHMI Cianjur

Firman menduga telah terjadi praktik monopoli pembangunan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT). Di mana Dinas Bina Marga DKI Jakarta memberikan tugas kepada PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pembangunan Sarana Jaya untuk membangun jaringan utilitas tersebut.

“Kemudian PT Jakarta Properitindo memungut sewa kepada pihak perusahaan telekomunikasi,” jelas Firman dalam keterangan tertulis dikutip kataberita.id dari RMOLJakarta, Kamis (23/9).

Baca Juga :   Pada Hari Ulang Tahunnya, Bamsoet dapat Dukungan Bakumham

Jakpro diduga terlibat penguasaan produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa yang dapat mengakibatkan terjadinya praktik monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.

“Kami sedang mengumpulkan beberapa bukti permulaaan dan Kami berharap KPPU dapat memutus dan memeriksa perkara tersebut dengan seadil-adilnya,” tutup Firman. (**)