Gubernur Anies Dielu-elukan, Bantuan Beras di DKI Pakai yang Premium: Pasti Gak Ada yang Dikorupsi

oleh -
Anies Baswedan tengah di gudang beras premium
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah di gudang beras premium (ist.)

kataberita.id — Pemprov DKI Jakarta mulai mendistribusikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan tersebut berupa beras premium sebanyak 10 kilogram per keluarga penerima. Pelepasan bantuan itu dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Kamis pagi (29/7).

Anies menerangkan, bantuan tersebut akan dikirimkan untuk keluarga penerima di Kelurahan Cakung Barat dan Cakung Timur. “Ini didistribusikan 5 ribu ton, dan ada 24 RW yang hari ini menerima dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 25.137,” terangnya, seperti dikutip Berita Jakarta.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, pendistribusian beras premium tersebut merupakan bagian dari bantuan sosial masyarakat di Jakarta, dengan total penerima sebanyak 1.007.379 keluarga penerima manfaat. Pada 19 Juli lalu, Pemprov DKI Jakarta juga telah mendistribusikan bantuan sosial tunai sebesar Rp 600 ribu per KK.

Baca Juga :   Anies Baswedan Berpotensi Diusung 3 Parpol di Pilpres 2024?

“Mulai hari ini, mereka menerima berbentuk beras senilai 10 kilogram per kepala keluarga yang diterima oleh KK tersebut. Kita berharap, dengan kita berikan bantuan, keluarga-keluarga di Jakarta khususnya yang sosio ekonomi rendah, akan bisa terbantu di masa sulit seperti sekarang,” ujar Anies.

Dia menambahkan, beras yang dibagikan berasal dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Indramayu, Karawang, Lampung, Ngawi, Sumedang, dan Garut. Hal ini merupakan bentuk kerja sama antardaerah yang sudah lama dirintis Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station Tjipinang Jaya.

Baca Juga :   Mesnsos Risma: Bansos Akan Diantar Langsung ke Rumah

“Ini melanjutkan apa yang sudah kita rintis selama ini, bahwa sentra penghasil beras kita ajak kerja sama dan menyerap produksinya untuk dimanfaatkan di Jakarta. Jadi, ini di satu sisi membantu keluarga yang terdampak di Ibu Kota, di sisi lain kita bekerja sama langsung dengan gapoktan di berbagai daerah dan membantu menggerakkan perekonomian petani daerah,” paparnya. 

Pemberian beras premium untuk Bansos ini mendapat sorotat dari warganet. Di akun Instagram Anies Baswedan, kolom komentar berisikan pujian untuk Anies. Seperti akun @wahyu.birojasa yang menyebut tidak ada korupsi. “Dan gue yakin gak ada yg dikorupsi, yg setuju mana suaranya, yg gak setuju pasti anak cucunya yg lg dituntut 11 tahun heheheh,” tulisnya seperti dikutip pada Jumat 20 Juli 2021.

Baca Juga :   Gubernur Anies Makan Pecel? Netizen: Pemimpin yang Sangat Didambakan

Sementara akun @fadilfadhil_ menyanjung Anies sangat transparan dalam menyalurkan bansos ke masyarakat. “Sangat transparan sekali anda, pemimpin melindungi dan melayani rakyat DKi… terima kasih atas dedikasi anda selama memimpin Jakarta.  (rm/kataberita)