Luhut Sentil SBY: Lebih Bagus Seperti Pak Habibie, PKB ke Luhut: Pak SBY, Bukan Habibie…

oleh -
kolase Luhut Binsar Panjaitan, SBY, dan Jazilul Fawaid
kolase Luhut Binsar Panjaitan, SBY, dan Jazilul Fawaid (ist.)

kataberita.id — Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, berpesan kepada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar bersikap Presiden ke-3 B.J Habibie saat mengkritik. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, menyebut SBY bukan Habibie sehingga tidak perlu menjadi seperti Habibie.

“Pak SBY bukan Pak Habibie dan nggak perlu ‘di-Habibie-kan’. Toh Pak SBY selama ini juga tetap menjaga kesantunan dalam berpolitik,” kata Jazilul saat dihubungi, Selasa (27/7/2021).

Jazilul menyebut seharusnya Luhut dan SBY saling mengedepankan persaudaraan di tengah kondisi pandemi COVID-19. Menurutnya, kedua Jenderal purnawirawan ini saling membesarkan satu sama lain.

Baca Juga :   Netizen Bongkar Kelakuan BuzzeRp Demokrat: Para PenjiIat Juragan Cikeas...

“Hemat kami, kedepankan semangat persaudaraan dan keteladanan dalam bingkai nilai Pancasila, apalagi di saat yang serba sulit akibat COVID-19 seperti ini. Orang besar saling membesarkan, bukan mengecilkan,” ucapnya.

Jazilul meminta semua pihak tidak membesar-besarkan pernyataan Luhut. Dia mengingatkan semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Nggak usah dibikin heboh. Toh, Kita semua maklum Pak SBY dan Pak Luhut, sama-sama Jenderal yang memiliki segudang prestasi, meskipun beda gaya, watak dan perjalanan kariernya. Namun keduanya pasti juga tidak sempurna, memiliki kekurangan dan kelebihan. Tentu agar saling menutupi kekurangan yang ada, kami berharap keduanya saling memahami keadaan masing-masing, kami yakin keduanya tiada henti berusaha untuk kemajuan bangsanya,” ujarnya.

Baca Juga :   Demokrat dan PKB Tolak PPN Sembako: Pajak Sembako Hanya Akan Menambah Penderitaan Rakyat

Pesan Luhut Agar SBY Seperti Habibie

Luhut sempat menceritakan pesannya kepada SBY terkait kritik saat acara Kick Andy Double Check. Luhut sempat menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan saat itu.

Kemudian, muncul pertanyaan yang menyangkut pesan SBY beberapa tahun lalu kepada Luhut soal jangan main ancam-mengancam. Andy bertanya apakah Luhut memang temperamental.

“Nggak temperamental, memang gayanya orang Batak gitu,” kata Luhut seperti dikutip dari YouTube Kick Andy Show, Selasa (27/7).

Baca Juga :   Merinding, Ini Curhat SBY Tentang Hati yang Terluka Karena Perlakuan Sahabatnya

Luhut diminta lagi tanggapannya soal anggapan menggunakan ancaman dalam pernyataan-pernyataannya. Luhut mengaku tidak terganggu oleh anggapan itu sembari menceritakan sikapnya kepada anak buahnya.