Cak Imin Kritik Keras Pemerintah: Rakyat Kebingungan, Mudik Dilarang Tapi China Diizinkan Masuk Indonesia…

oleh -
Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar (Cak Imin), foto: istimewa

kataberita.id — Kebijakan larangan mudik ini cukup sering mendapat penolakan dari berbagai pihak. Apalagi, kebijakan ini dibarengi dengan fenomena kehadiran WNA China yang masuk ke Tanah Air untuk tujuan penting, seperti bekerja di proyek strategis nasional dan objek vital.

Salah satu tokoh yang menyampaikan protes keras ialah Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Sosok yang biasaya kalem ini tiba-tiba langsung beringas melemparkan kritik pada pemerintah.

Sebagai partai pendukung pemerintah, PKB termasuk partai yang nurut. Jarang sekali ada kader PKB yang nakal dengan bersuara sumbang mengkritik kebijakan pemerintah. Begitu juga Cak Imin, sebagai lokomotifnya PKB.

Baca Juga :   Kader PKB Ingin Menggelar KLB: Diduga Pengurus Banyak Pelanggaran...

Namun, untuk yang satu ini, Cak Imin tidak bisa menutupi kekesalannya. Wakil Ketua DPR ini menilai, pemerintah bersikap tidak adil. Warga yang ingin mudik untuk bertemu keluarganya di kampung halaman dilarang. Yang nekat tetap mudik, dicegat lalu diputar balik. Sementara orang asing, enak saja bisa hilir mudik ke Indonesia.

“Hal yang seperti ini kan bisa menimbulkan anggapan publik bahwa pemerintah tidak peka melihat kondisi yang ada,” kata Cak Imin, dalam keterangannya, kemarin.

Baca Juga :   Meski Ada Larangan Mudik, Namun Ada 8 Kawasan Diizinkan Mudik Lokal Selama 6-17 Mei 2021

Cak Imin heran, kenapa pemerintah hanya bersikap tegas ke rakyat saja. Sementara, ke orang asing, khususnya dari China seolah tak berdaya. Dia mendesak, pejabat terkait mulai dari Kementerian Kesehatan, Dirjen Imigrasi hingga Satgas Penanganan Covid-19 bisa menjelaskan masalah ini dengan transparan.

“Sebab, kondisi ini membingungkan masyarakat yang dibatasi mobilitasnya saat Lebaran,” ungkapnya.

Tak hanya itu, eks Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu meminta Kemenkes dan Satgas memastikan bahwa seluruh warga China yang datang itu telah mematuhi aturan protokol kesehatan perjalanan internasional selama pandemi. Kalau perlu, dia usul selama masa larangan mudik ini, warga asing tidak perlu diizinkan masuk ke Indonesia.

Baca Juga :   Ratusan Pemudik Bermotor Terobos Sekat Polisi di Karawang Jabar

“Biar adil. Masyarakat pun saat ini tengah berupaya mengikuti aturan larangan mudik dan membatasi mobilitas selama libur Lebaran,” tegas Ketua Tim Pengawas Covid-19 DPR ini. (we/kataberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.