TNI Siap Kerahkan 400 Pasukan Setan ke Papua Tangani KKB

oleh -
Ilustrasi Pasukan Setan TNI
Ilustrasi Pasukan Setan TNI

kataberita.id — Asisten Operasi Kodam II Sriwijaya Kolonel Inf. Willy Brodus Yos Rohadi menyatakan pihaknya telah menyiapkan 400 prajurit TNI dari Pasukan Setan untuk mengamankan situasi di Papua. Pengerahan itu dilakukan sejak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) ditetapkan sebagai organisasi teroris.

“Iya sudah disiapkan, Pasukan Setan 400 personel,” kata Willy saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Rabu (5/5).

Baca Juga :   Menko Polhukam Mahfud MD Tetapkan KKB Papua Sebagai Organisasi Teroris

Pasukan Setan merupakan personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) dari Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda.

Willy mengatakan saat ini 400 prajurit TNI itu belum mendarat di Papua. Mereka akan berangkat setelah ada instruksi langsung dari Mabes TNI.

“Belum berangkat. Menunggu putusan dari Mabes TNI,” kata Willy.

Baca Juga :   Ternyata Lahirnya OPM, Semua Berawal dari 'Adu Domba' Belanda yang Tak Rela...

Dia mengatakan penanganan terkait ancaman KKB terhadap masyarakat Jawa di Papua, akan dilakukan sesuai perintah. Instruksi akan dikeluarkan Kodam di Papua terhadap para prajurit Setan ini.

“Jadi mereka bergabung dengan korps di sana. Nanti BKO soal penanganan sesuai perintah Kodam di sana,” kata dia.

Pada Jumat (23/4) pemerintah secara resmi umumkan bahwa KKB termasuk organisasi teroris berdasarkan Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.