Wow! Anies Lebih Unggul dari Ganjar, di Survei Capres Pilihan Anak Muda Indikator Politik

oleh -
Kolase Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
Kolase Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan (ist.)

kataberita.id — Indikator Politik Indonesia merilis temuan survei nasional suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa, salah satunya terkait pilihan presiden jika pemilu dilakukan saat ini. Hasilnya, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada paling atas di antara 17 nama-nama lainnya.

Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei digelar pada 4-10 Maret. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21.

Baca Juga :   Jokowi Masih Dekat dengan Anies, Mulai Sadar Kerjanya Bagus, Anies Layak Sebagai Capres 2024?

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan pertanyaan yang diajukan adalah jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Hasilnya, 15,2 persen anak muda memilih Anies Baswedan menjadi presiden.

“Tetapi di antara 17 nama yang paling tinggi antara absolut itu, Anies Baswedan di angka 15,2 persen,” kata Burhanuddin dalam diskusi virtual, Minggu (21/3/202).

Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,7 persen. Kemudian ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan 10,2 persen.

Baca Juga :   Bursa Capres 2024: Prabowo Melejit Tinggi di Berbagai Survey, Kenapa?

“Ganjar 13,7 persen, bedanya nggak signifikan. Ridwan Kamil 10,2 persen,” katanya.

Posisi keempat pemilihan presiden versi anak muda ditempati Menparekraf Sandiaga Uno dengan persentase 9,8 persen. Kemudian ada Menhan Prabowo menempati posisi kelima dengan 9,5 dan Ketum Demokrat diposisi keenam dengan 4,1 persen.

“Sandiaga Uno 9,8 persen, Pak Prabowo 9,5 persen, AHY 4,1 persen, yang lain di bawah 2 persen,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ngeri! Anies Sebut Jumlah Pemakaman Covid-19 Naik 10 Kali Lipat

Sementara untuk pemilih Presiden Joko Widodo, Burhanuddin menyebut pemilihnya menyebar ke beberapa nama. Sedangkan suara Anies berasal dari pendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

“Nah, secara umum, sesuai dengan temuan kami juga pemilih Pak Jokowi itu nyebar, sementara Anies paling banyak, dia mendapatkan dukungan diantara mereka yang mencoblos Pak Prabowo-Sandi di 2019 kemarin,” tuturnya.

Hasilnya sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.