Pengacara Habib Rizieq Ngamuk, Jalannya Persidangan Online Terputus sampai HRS Walk Out

oleh -
Tangkapan Layar Persidangan Online HRS
Tangkapan Layar Persidangan Online HRS (ist)

kataberita.id — Salah satu pengacara Habib Rizieq Shihab, Novel Bamukmin, mengamuk saat persidangan terkait kasus tes swab di RS Ummi Bogor. Novel berang hingga menunjuk-nunjuk majelis hakim.

Persidangan dibuka di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Selasa (16/3/2021) pukul 13.00 WIB, dan tim pengacara Habib Rizieq Shihab mulai walk out pada pukul 14.10 WIB. Tim pengacara beserta Habib Rizieq Shihab sebelumnya melakukan protes dan meminta agar sidang dilakukan secara langsung, bukan virtual.

Namun, ketua majelis hakim Khadwanto menolak permintaan tersebut dan memutuskan tetap melanjutkan persidangan secara online. Mendengar keputusan hakim, tim pengacara yang terdiri atas Munarman, Novel Bamukmin, hingga Alamsyah walk out alias meninggalkan ruangan.

Baca Juga :   Tok! Habib Rizieq Bebas Cekal dan Denda di Saudi Arabia, FPI Segera Urus Kepulangannya

Habib Rizieq Shihab pun tampak meninggalkan ruangan di Bareskrim Polri. Tak lama kemudian, layar yang menampilkan Habib Rizieq Shihab tampak mati.

Melihat hal tersebut, Novel Bamukmin, salah satu tim pengacara Habib Rizieq Shihab, berteriak ke arah majelis hakim dan tim jaksa penuntut umum. Novel memprotes lantaran sambungan video Habib Rizieq Shihab yang berada di Bareskrim Polri terputus.

Dia mendekat ke meja majelis hakim. Novel Bamukmin memprotes dengan nada tinggi.

“Kenapa ada suara tidak ada gambar Habib Rizieq sementara ini semua ada, kenapa ini diputus, kenapa? Kenapa ini diputus,” ujar Novel Bamukmin.

Baca Juga :   Celah Hukum Habib Rizieq Bisa Lolos Jerat Pidana? Ini Kata Ahli Hukum Pidana...

Sesekali, Novel Bamukmin menunjuk ke arah layar yang menunjukkan Habib Rizieq tak lagi berada di tempat.

Dihubungi usai persidangan, Novel Bamukmin angkat bicara terkait aksinya menunjuk-nunjuk majelis hakim itu. Dia menyebut sikapnya itu merupakan bentuk kemarahan kepada hakim karena permintaan tim pengacara untuk Habib Rizieq Shihab hadir tidak didengarkan. Novel mengatakan, jika alasan aturan protokol kesehatan, Habib Rizieq Shihab bisa memenuhi aturan itu.

“Ini kan kita sudah berkali-kali meminta kepada hakim dengan penjelasan sejelas-jelasnya agar Habib Rizieq dihadirkan sesuai dengan ketentuan UU yang ada. Kalau alasan prokes saya juga sampaikan dalam persidangan agak sedikit keras meninggi suara saya alasannya apaan, kan kita justru hampir 40 orang tim advokasi rapat-rapat juga. Sangat rapat berada di bangku penasihat hukum,” kata Novel ketika dihubungi, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga :   FPI, GNPF, PA 212, Habib Rizieq Minta Partai Pro Ciptaker Bubarkan Diri dan Jokowi Mundur?

“Begitu juga pengunjung. Nah Habib Rizieq kalau dihadirkan di sidang itu sangat jauh, Habib Rizieq pakai masker, hand sanitizer, dipastikan di-swab, itu kan aman kalau alasan seperti itu,” lanjutnya.