Jelang Kongres KNPI, Nama Gibran Ramai Disorot sebagai Pemuda Berprestasi dan Layak jadi Ketum

oleh
Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka (istimewa)

kataberita.id — Jelang kongres Penyatuan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) masa bhakti 2021-2024, nama putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, yang baru saja terpilih menjadi Wali Kota Solo, tiba-tiba ramai disorot menjadi Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Rapat pleno yang dihadiri ratusan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang tergabung di KNPI dan jajaran pengurus DPP KNPI, belum lama ini memutuskan kongres KNPI akan digelar dalam waktu dekat. Kongres diharapkan bisa menjadi pemersatu seluruh komponen KNPI.

Baca Juga :   KNPI Minta Pejabat Rangkap Jabatan di Perusahaan BUMN Segera Lapor LHKPN ke KPK

Lantas seperti apa peluang Gibran? Bagaimana respons pengurus DPD KNPI Sulsel?

Sekretaris KNPI Sulsel, Andi Surahman Batara mengatakan setiap pemuda berhak untuk maju dalam kongres dan mencalonkan diri sebagai ketua umum. Tak ada yang bisa menghalangi itu.

“Sikap kami di Sulsel tidak bisa dibilang mendukung atau tidak mendukung. Yang pasti tokoh pemuda berhak untuk maju, termasuk putra Presiden Joko Widodo dan juga Walikota Solo Gibran Rakabuming,” tutur Surahman Batara dikutip kataberita.id dari fajar.co.id, Jumat lalu (12/3/2021).

Ia tak menampik sosok Gibran dengan pengalamannya mengelola bisnis, komunitas dan sebagai pengurus sayap partai dianggap memiliki kualitas, berdedikasi dan berintegritas.

Baca Juga :   DPP KNPI Dukung Penuh Perpanjangan Masa Jabatan Jokowi Sampai 2027

“KNPI terdiri dari 4 golongan, ada yang keagamaan, parpol, komunitas dan organisasi kemahasiswaan. Gibran saya kira pernah di parpol, komunitas dan organisasi kemahasiswaan,” jelasnya.

“Sebagai anak muda, saya kira Gibran punya prestasi. Di usia muda dia sudah jadi wali kota. Tapi kan banyak juga pemuda-pemuda lain yang punya potensi sama,” lanjut Surahman menerangkan.

Yang pasti kata dia, siapapun figur yang nantinya maju dan terpilih sebagai ketua umum diharapkan dapat menyatukan visi maupun misi Pemuda Indonesia untuk menjadi bagian penting dan strategis menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

Baca Juga :   Ketum KNPI: Kami Dukung M Nasir yang Usir Direktur Inalum, Pecat Saja!

“Kongres ini diharapkan bisa melahirkan tokoh pemuda nasionalis yang lengkap. Juga butuh sosok penyatu dalam tubuh KNPI kedepan,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua KNPI DKI Jakarta, Bambang Irawan menyuarakan wacana mendorong Gibran mencalonkan diri sebagai ketua umum dalam Kongres KNPI. Tak hanya itu, ia juga bertekad akan menggalang kekuatan seluruh para pemilik suara untuk bersatu mendukung Gibran.