Hari Ini Biden Putuskan ‘Hukuman’ untuk Raja Arab Saudi?

oleh
Bendera Arab Saudi
Bendera Arab Saudi (ist. via liputan6)

kataberita.id — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan segera memberikan pengumuman terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada hari ini, Senin (01/03/2021).

Hal ini diungkapkan Biden, menyusul adanya Laporan Intelijen AS yang menunjukkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS), ternyata menyetujui operasi penangkapan dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018.

Baca Juga :   ALBA: Membangun Alternatif Berlandaskan Prinsip Solidaritas, Kerja Sama dan Saling Melengkapi

Dilansir dari Reuters, pada Sabtu (27/02/2021), Biden berkata: “Akan ada pengumuman pada hari Senin tentang apa yang akan kami lakukan dengan Arab Saudi secara umum.”

Sebelumnya, pemerintahan Biden dikecam karena dinilai tidak memberi sanksi tegas kepada Arab Saudi. Walaupun Gedung Putih sudah mengonfirmasi keterkaitan Putra Mahkota Mohammed dalam merestui pembunuhan Khashoggi.

Baca Juga :   Plt Menhan AS Temui Menhan Prabowo, Ada Apa ya?

Sementara itu, seorang pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan identitasnya, mengatakan Biden tidak akan mengambil langkah signifikan baru terkait kasus ini.

“Meski Pemerintah AS telah memberi sanksi hukum pada Arab Saudi, Jumat (26/02/2021). Namun Pengumuman Biden yang merujuk pada Departemen Luar Negeri pada hari Senin mendatang (01/03/2021), merupakan pengumuman lanjutan, bukan pengumuman baru,” kata pejabat itu.