President PETA Minta Menhan Prabowo Agar Hentikan Penggunaan Hewan Hidup dalam Latihan Militer

oleh
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (foto: via suryakepri)

kataberita.id — Organisasi nirlaba yang menolak kekejaman terhadap hewan People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), ternyata mengirimkan surat ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Surat yang ditulis oleh Jason Baker Senior Vice President PETA ini meminta Prabowo agar bisa menghentikan penggunaan hewan hidup dalam latihan militer.

Baca Juga :   Ini Dia Rencana Prabowo Tuntaskan Pembelian 11 Jet Tempur Sukhoi Su-35 Senilai US$ 1,14 Miliar

Menurut PETA, personil militer Indonesia dijadwalkan mengikuti latihan militer bersama Cobra Gold 2021 di Thailand. Cobra Gold merupakan latihan militer gabungan tahunan yang digelar Thailand dan AS.

“PETA telah mengirim surat mendesak kepada Menteri Pertahanan Letjen (Purn) Prabowo Subianto untuk mendesak penyelenggara Cobra Gold agar menghentikan penggunaan hewan hidup dalam latihan pengadaan makanan untuk kelangsungan hidup,” ungkap keterangan PETA, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga :   Ahmad Dhani Sering Lupa, Kalau Gerindra Bagian Kekuasaan

Selama Cobra Gold 2020, peserta terekam membunuh ayam dengan tangan kosong, menguliti dan memakan tokek hidup, mengkonsumsi kalajengking dan tarantula hidup, memenggal kobra dan meminum darah mereka.

Latihan tersebut juga menjadi ancaman penyakit zoonosis yang mirip dengan pandemi COVID-19 dan membahayakan king cobra yang rentan terhadap kepunahan.