Mensos Risma Angkat Kayu di Lokasi Banjir? Ternyata Begini Faktanya…

oleh
Tangkapan Layar Mensos Risma Twitter
Tangkapan Layar Mensos Risma di Twitter: (twitter.com/Umar75Hasibuan)

kataberita.id — Beberapa hari terakhir, viral foto dengan narasi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengangkat kayu di lokasi banjir. Baik di TwitterFacebook, dan Instagram, foto risma banyak tersebar dan dikomentari warganet (netizen). Bahkan, beberapa media arus utama ikut memberitakan aksi Risma itu dengan narasi mensos mengangkat kayu di lokasi banjir.

Salah satu akun yang membuat status Risma mengangkat kayu adalah akun Twitter milik Umar Hasibuan, yaitu @Umar75Hasibuan. “Buat apa coba mensos gini? Tugas dia itu gimana penyaluran bantuan korban bencana alam berjalan lancar tanpa halangan,” ujarnya.

Baca Juga :   474 Jiwa Mengungsi, Banjir Bandang Terjang Kawasan Gunung Mas Puncak Bogor

Berdasarkan penelusuran dari media Republika, ternyata foto Risma mengangkat kayu tersebut bukan dilakukan baru-baru ini. Memang Mensos Risma belakangan ini, kerap mengunjungi lokasi banjir, baik di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kabupaten Jember di Jawa Timur, hingga Kabupaten Halmahera Utara di Maluku Utara.

Baca Juga :   Cie, cie! Jokowi Terang-terangan Acungkan Jempol ke Menteri Ini, Ada Apa?

Risma juga mendapat sorotan lantaran aksinya ikut membungkus nasi bersama ibu-ibu untuk dibagikan kepada korban banjir Jember. Hanya saja, untuk aksi mengangkat kayu bersama dua orang laki-laki, hal itu dilakukan Risma kala menjabat sebagai wali kota Surabaya.

Risma merupakan wali kota Surabaya dua periode, yaitu 2010-2015 dan 2016-2020. Masa bakti alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu sebenarnya berakhir pada 2021, namun ia diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri pada 23 Desember 2020.