Menteri Agama RI Positif Covid-19, Istana: Presiden Juga Tetap Jaga Jarak

oleh -
Menteri Agama RI
Menteri Agama RI Fachrul Razi (foto: istimewa)

kataberita.id, JAKARTA — Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan, Menteri Agama Fachrul Razi sudah lama tidak melakukan kontak langsung dengan Presiden Joko Widodo. 

Oleh karena itu, meski Fachrul Razi baru saja dinyatakan positif Covid-19, namun ia meyakini tidak ada penularan ke Presiden Jokowi. 

“Sudah lama enggak ketemu, sudah 1-2 bulan,” kata Heru, seperti yang diberitakan Kompas.com, Senin (21/9). 

Heru juga memastikan bahwa protokol pencegahan Covid-19 di Istana selalu diterapkan secara ketat. 

Baca Juga :   Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi, Wakil Ketua MPR RI: Perbaiki Tata Kelola BPJS, Bukan Membebani Rakyat di Masa Pendemi Covid-19

Setiap tamu yang hendak bertemu kepala negara, termasuk para pejabat, diwajibkan melakukan swab test terlebih dahulu. 

“Presiden juga tetap jaga jarak, pakai face shield, terus ruangan di Istana kan dibuka semua. Enggak pakai AC,” kata dia. 

Menurut dia, Jokowi dan para perangkat kepresidenan juga selalu rutin melakukan swab test. Swab test akan tetap dilakukan sesuai jadwal dan tak akan dipercepat dengan adanya kabar Menag positif Covid-19. 

Baca Juga :   Hah! Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Positif Kena Corona?

“Swab tetap rutin, tiap minggu swab,” katanya. 

Heru pun mendoakan agar Fachrul Razi segera sembuh sehingga bisa kembali menjalankan tugasnya. 

Diberitakan, Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, saat ini kondisi fisik Fachrul dalam keadaan baik. Kabar ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal. 

“Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif,” ujar Kevin, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (21/9). 

Baca Juga :   Ketidakberdayaan Istana dan Pandemi Covid-19

Meski dalam kondisi baik, saat ini Fachrul tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. Dengan demikian, sudah ada tiga menteri di Kabinet Indonesia Maju yang positif Covid-19. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo juga terpapar virus corona. (kontan/kataberita)