Pilkada Solo, Pasangan Tukang Jahit dan Ketua RW Siap Tantang Gibran-Teguh

oleh -
bagyo-wahyono-dan-fx-supardjo-pilkada-solo-2020
Bagyo Wahyono dan FX Supardjo (foto: wartakota)

kataberita.id — Pasangan calon independen Bagyo Wahyono-FX Suparjo (Bajo) yang juga berprofesi sebagai tukang jahit dan Ketua RW dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo. 

Dengan demikian, pasangan calon tukang jahit dan Ketua RW itu bisa mendaftarkan diri untuk maju dalam Pilkada Solo tahun 2020.

Lolosnya pasangan tersebut sekaligus menjadikannya penantang pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung oleh PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PSI dan Golkar.

Baca Juga :   Purnomo Menolak jadi Timses Gibran di Pilkada Solo 2020, Purnomo: Tanpa Saya Gibran Pasti Menang

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan keputusan lolosnya pasangan Bajo ditentukan dalam rapat pleno ‘Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo 2020 Masa Perbaikan’.  

“Pasangan (Bajo) tersebut dapat mendaftarkan diri untuk maju Pilwalkot Solo pada tanggal 4-6 September 2020,” kata Nurul di Solo, Jawa Tengah pada Jumat (21/8).

Baca Juga :   Jelang Kongres KNPI, Nama Gibran Ramai Disorot sebagai Pemuda Berprestasi dan Layak jadi Ketum

Nurul menjelaskan, keduanya dinyatakan lolos karena mendapat dukungan lebih dari 8,5 persen atau 35.870 suara, sebagaimana syarat sah mengikuti Pilkada Solo.

“Jumlah dukungan tahap pertama dan dukungan perbaikan untukpasangan Bjo sudah memenuhi syarat, totalnya ada 38.831 dukungan,” kata Nurul.

Selain itu, Nurul mengatakan, pasangan Bajo juga telah memenuhi syarat sebaran suara warga Solo, karena berhasil menggalang dukungan di lima kecamatan.