Jabatan Direksi dan Komisaris di BUMN Hanya Titipan, Adian Napitupulu: Selebihnya Titipan Siapa? Hantu, Dedemit, atau Apa?

oleh
Adian Napitupulu dan Erick Thohir
Adian Napitupulu dan Erick Thohir (ist.)

kataberita.id — Anggota Komisi VII DPR RI yang juga Politisi PDIP Adian Napitupulu menyebutkan banyak sejumlah pihak yang menduduki jabatan direksi dan komisaris di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah titipan.

Anggota Aktivis 98 itu juga menyinggung mafia-mafia di sejumlah bidang di BUMN.

Kata Adian Napitupulu, selama ini tidak pernah ada iklan atau pemberitaan terkait informasi perusahaan BUMN yang membuka lowongan untuk posisi direksi dan komisaris.

“Enggak ada yang enggak titipan, semua titipan karena enggak ada jalur yang dibuka untuk semua orang bisa akses ke sana.”

“Enggak ada lowongan kerjanya di media mana pun. ‘Dibutuhkan lowongan BUMN A, membutuhkan komisaris dan direksi.”

Baca Juga :   Pengamat Politik Menyarankan, Agar PDIP Menarik Diri dari Kabinet Jokowi dan Jadi Partai Oposisi?

“Yuk ramai-ramai melamar yuk.’ Enggak ada,” ujar Adian Napitupulu, dalam diskusi virtual ‘Bincang Santai Bersama Adian Napitupulu Uncensored’, Kamis (23/7/2020).

Namun, Adian Napitupulu membantah apabila dirinya menitipkan nama-nama ke Menteri BUMN, Erick Thohir.

Sebab, nama-nama yang dia serahkan ke Presiden Joko Widodo adalah permintaan dari Jokowi sendiri.

Di sisi lain, Adian Napitupulu menyoroti banyaknya jumlah orang dengan asal-usul yang tidak jelas menduduki jabatan direksi dan komisaris BUMN di Indonesia.

Berdasarkan pernyataan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, jumlah BUMN induk, anak hingga cicitnya berjumlah sekitar 1.000 sampai 1.200 perusahaan.

Dengan asumsi tiap BUMN minimal memiliki tiga direksi dan tiga komisaris, Adian Napitupulu menghitung ada 6.000 hingga 7.200 orang yang menduduki jabatan direksi dan komisaris di perusahaan pelat merah itu.

Baca Juga :   Sidang Tipikor, Jaksa KPK: 2 Politikus PDIP Dapat Jatah Bansos Corona

Anggota Komisi VII DPR itu mengatakan, hanya ada 1.000 orang yang jelas berasal asal-usulnya dari titipan mana.

Seperti dari partai, relawan, kementerian, dan instansi lain seperti Polri dan TNI.

Adian Napitupulu kemudian mempertanyakan sisanya, yakni 5.000 hingga 6.200 orang lainnya, yang tidak jelas asal-usulnya dari mana atau titipan dari siapa.

“Oke kita andaikan 1.000 orang titipan partai, kementerian, dan instansi lainnya, lalu yang 5.000 sampai 6.200 orang ini titipan siapa?”

“Titipan pengusaha kah? Titipan mafia kah? Titipan keluarga kah? Titipan tetangga kah? Tititipan hantu? Titipan dedemit atau apa?” paparnya.

Baca Juga :   Kritik Pedas Adian ke Erick Thohir, karena Usulan Soal Komisaris Belum Diakomodir?

Adian Napitupulu pun menyayangkan karena masyarakat seolah digiring untuk fokus pada 1.000 orang ini, dan bukannya menyoroti 5.000-6.200 lainnya.

Menurutnya, bisa saja orang-orang tersebut adalah titipan dari para mafia yang bergerak di berbagai sektor.

Karena sekali lagi, lowongan posisi direksi dan komisaris BUMN tidak dibuka kepada publik.

“Bagaimana kalau ternyata itu titipan mafia migas? Mafia infrastruktur, mafia proyek, mafia impor, mafia alat kesehatan dan sebagainya.”

“Mungkin tidak? Mungkin, karena kita tidak tahu asal usulnya,” tegasnya. (fajar/kataberita)