Museum Hagia Sophia yang Indah nan Cantik, Kini Kembali Menjadi Masjid

oleh -
Bangunan-Hagia-Sophia
Bangunan Hagia Sophia (foto: dokumen kataberita.id)

kataberita.id — Presiden Turki Erdogan akhirnya mengumumkan secara resmi bangunan Hagia Sophia di Istanbul dialihfungsikan kembali menjadi sebuah masjid. Pembukaan bangunan bersejarah dunia itu sebagai tempat ibadan umat Muslim akan dilakukan dalam dua minggu mendatang.

Pernyataan Erdogan keluar setelah pengadilan tinggi memutuskan konversinya pada tahun 1938 menjadi museum adalah ilegal. Erdogan melakukan ini dengan mengesampingkan peringatan internasional untuk tidak mengubah status monumen berusia hampir 1.500 tahun yang dihormati Muslim dan Kristen itu.

Baca Juga :   Ada Kejutan Buat RI, Erdogan Telepon Jokowi
Bangunan Hagia Sophia tampak dalam (foto: istimewa)

Sebelumnya, Amerika Serikat, Rusia, dan Yunani menentang keras perubahan status Situs Warisan Dunia UNESCO. Hagia Sophia adalah titik fokus dari kekaisaran Byzantium Kristen dan Kekaisaran Ottoman Muslim dan sekarang menjadi salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di Turki.

Hagia Sophia
Hagia Sophia (foto: istimewa)

Kementerian kebudayaan Yunani menggambarkan keputusan pengadilan sebagai “provokasi terbuka” bagi dunia yang beradab. Sementara UNESCO mengatakan menyesalkan hal ini.

Baca Juga :   Fatwa MUI Terkait Larangan Sholat Jum'at di Masjid di Zona Bahaya Corona

“Disimpulkan bahwa akta penyelesaian menetapkannya sebagai masjid dan penggunaannya di luar karakter ini tidak dimungkinkan secara hukum,” kata pengadilan Turki yang jadi dasar aturan baru Erdogan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Firman Mulyadi
Bangunan Hagia Sophia Turki (foto: dokumen kataberita.id)

“Keputusan kabinet tahun 1934 yang … mendefinisikannya sebagai museum tidak mematuhi hukum,” kata pengadilan merujuk pada dekrit yang ditandatangani Bapak Turki Modern Ataturk, yang berkuasa saat itu.

Baca Juga :   Sering Dialihfungsikan, Kini Bangunan Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

Erdogan dikenal sebagai seorang Muslim yang taat. Dari dalam negeri, aturannya ini mendapat dukungan dari parlemen.

Bukan hanya itu, di Istanbul, ratusan orang berkumpul di dekat Hagia Sophia untuk merayakan keputusan itu. “Terima kasih Tuhan hari ini kembali ke tujuan utamanya. Hari ini Tuhan akan disembah di masjid ini.” (CNBC/kataberita)