Megawati Mengundurkan Diri dari Ketua Umum PDIP, Bagaimana Faktanya?

oleh -
Breaking News TV One Megawati Soekarnoputri
Breaking News TV One Megawati Soekarnoputri minta mundur, foto: tangkapan layar

kataberita.id — Beredar informasi menyebutkan bahwa Megawati Soekarnoputri mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua umum PDI Perjuangan, dengan tangkapan layar breaking news berlogo tvOne.

Berikut narasinya:

“Disaat_umat_ISLAM_lagi_gencar_menyerang_Moncong_Putih,_tiba-tiba_Megawati_mengundurkan_diri_dari_Ketua_Umum_PDIP… Ada ya dengan mbak mega….”

“Breaking News: Megawati Mengundurkan Diri Dari Ketua Umum PDIP” dan logo tvOne.

Hasil Cek Fakta

Dilansir cekfakta.com via viva.co.id, berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa di saat umat Islam sedang gencar menyerang PDIP, tiba-tiba Megawati mengundurkan diri dari jabatan ketua umum PDIP adalah klaim yang salah.

Baca juga :   Duh Menkumham Masuk Tim PDIP Vs KPK, begini Respon Jokowi

Faktanya, video berita yang berasal dari tvOne itu adalah video tahun 2018. Di video berita itu tidak disebutkan bahwa Megawati resmi mengundurkan diri dari jabatan ketum PDIP. Megawati hanya ingin mundur dari posisinya sebagai ketum PDIP lantaran persoalan usia.

Video berita ini diunggah di kanal Youtube tvOneNews pada 16 November 2018 diberi judul “Megawati Minta Mundur dari Ketum PDIP”.

“Kalau dilihat-lihat, perjalanan politik saya sudah cukup lama. Saya menjadi ketua umum partai dan sekarang paling senior. Sudah sekian lama belum diganti-ganti, padahal saya sudah berharap untuk diganti karena akibat umur saya yang +17, tapi hari ini pun malah ditambahi tugas untuk pembinaan ideologi Pancasila,” kata Megawati seperti yang tampak pada video.

Baca juga :   Duh, Terbongkar Surat Rahasia DPP PDIP Perihal Rekrutmen dan Seleksi Koordinator Kab/Kota Pendamping PKH

Namun hingga kini, Megawati masih menjabat sebagai ketum PDIP periode 2019-2024. Ia terpilih secara aklamasi dan dikukuhkan dalam Kongres V PDIP di Bali pada awal Agustus 2019. Pengukuhan Megawati sebagai ketum PDIP dilakukan secara tertutup. Padahal, agenda tersebut mulanya direncanakan terbuka bagi umum. Megawati pun sempat meminta maaf.

“Sekali lagi saya mohon maaf ini tak ada maksud tertentu. Hanya karena mungkin peserta rapel dari pagi sampai malam sehingga tentu masih ada rasa lelah. Demikian,” kata Megawati seperti dilansir Medcom.id, Kamis, 8 Agustus 2019.

Baca juga :   Jokowi Dinilai Salah Gunakan Fasilitas Negara, Pencalonan Gibran Dibahas di Istana

Kesimpulan

Video tahun 2018. Di video berita itu tidak disebutkan bahwa Megawati resmi mengundurkan diri dari jabatan ketum PDIP. Megawati hanya ingin mundur dari posisinya sebagai Ketum PDIP lantaran persoalan usia. (**)