Ini Logo Resmi Hari Koperasi ke-73 yang Diluncurkan DEKOPIN

oleh
logo HUT Koperasi Indonesia
Logo HUT Koperasi Indonesia ke-73 (sumber: Dekopin)

kataberita.id — Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) luncurkan logo dan tema Hari Koperasi ke-73, tahun 2020. Hari Koperasi Indonesia tersebut, lahir pada tanggal 12 Juli 1947, setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari Koperasi tahun ini di tengah keprihatinan bangsa yg masih mengalami pandemi Covid-19 mengambil tema “Peran Strategis Koperasi Memperkuat UMKM Dalam Rangka Tata Ulang Struktur Ekonomi di Era New Normal”.

Baca Juga :   Kuasa Hukum Dekopin Geruduk Dirjen Perundang-undangan Kemenkumham

Dekopin sebagai wadah tunggal gerakan koperasi sebagaimana amanat UU No.25/1992 dan Keppres No.6/2011 tentu saja harus mengambil peran terdepan dalam kegiatan ini.

Seabad setelah  koperasi pertama berdiri di Inggris, para Pendiri Bangsa Indonesia  menetapkan KOPERASI sebagai sistem ekonomi Indonesia Merdeka. Bisnis Koperasi sarat nilai yang selaras dengan budaya gotong-royong dan kesengsaraan rakyat selama 3,5 abad di era kolonial Belanda mendorong para Bapak Bangsa meletakkan KOPERASI pada Ayat 1 Pasal 33 Konstitusi UUD 1945.

Komitmen besar Bung Hatta tentang arti penting KOPERASI ditunjukkan saat ia mendorong dan menghadiri Kongres Koperasi I di Tasikmalaya yang melahirkan DEWAN KOPERASI INDONESIA sebagai wadah tunggal gerakan koperasi NKRI. Dekopin hari ini ditopang oleh 58 induk koperasi, 34 Dekopinwil, 514 Dekopinda, dan 138.000 unit koperasi  dengan anggota lebih dari 45 juta orang yang tersebar di seluruh Nusantara. (epicentrum/kataberita)