Diprediksi Banyak Menteri Tak Kena Reshuffle, Prabowo hingga Basuki Aman

oleh -

kataberita.id — Hebonya rencana reshuffle kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin semakin ramai diperbincangkan belakangan ini.

Nama-nama menteri yang diprediksi akan di-reshuffle Jokowi bahkan beredar ke publik. Tidak hanya itu, ada pula sejumlah nama pembantu Presiden yang dinilai aman alias tidak terkena reshuffle.

Pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi Hendri Satrio memprediksi, setidaknya ada beberapa menteri yang kemungkinan akan dipertahankan Presiden Jokowi.

Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca Juga :   Boni Hargens: Banyak Tokoh yang Ingin Merancang Kudeta Terhadap Pemerintah

“Kalau yang bertahan, paling Prabowo, Erick Thohir, Basuki, dan Retno,” ujar Hendri sebagaimana dikutip dari kepada Kompas.com, Minggu (5/7/2020).

Hendri memaparkan bahwa Prabowo selama menjadi Menteri Pertahanan banyak melakukan terobosan dan perbaikan yang baik di kementerian itu. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Prabowo tidak akan diganti.

“Prabowo sebenarnya sahabat Jokowi. Selama jadi Menhan, beliau lakukan terobosan dan pembenahan yang bagus,” kata dia.

Baca Juga :   Menko Airlangga Rekrut 15 Orang Jadi Staff Khusus

Kemudian Basuki Hadimuljono. Menurut Hendri, Basuki merupakan menteri andalan Presiden Jokowi untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di negeri ini. Hal tersebutlah yang menjadi alasan posisi Basuki tak akan diganti.

“Basuki memang andalan Jokowi untuk mewujudkan monumen-monumen infrastruktur Jokowi sehingga dia tidak mungkin diganggu,” ungkap Hendri.

Sementara itu, Erick Thohir dinilai melakukan banyak hal baik dalam memperbaiki Kementerian BUMN, termasuk dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga :   Wow Survei AHY Melesat Empat Besar Capres 2024 Dekati Prabowo, RK dan Ganjar

Termasuk Retno Marsudi yang dinilai telah melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Menteri Luar Negeri.

Selain keempat menteri tersebut, Hendri juga memprediksi, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro masuk jajaran menteri yang tidak akan di-reshuffle.

“Bambang Brodjonegoro juga menteri andalan Jokowi yang termasuk ke jajaran menteri paling loyal,” kata dia.