Jokowi Utus Menhan Prabowo, Menteri BUMN Erick dan Menteri PUPR Basuki, Ada Apa?

oleh -

kataberita.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan bahwa Kalimantan Tengah sebagai kawasanΒ food estate. Secara khusus, Jokowi memerintahkan beberapa menterinya untuk membangun food estate secara bersama-sama.

Menteri-menteri yang terpilih tersebut adalah, Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR, Basuki Hadimuljono; dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Rencana Jokowi ini diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI.

Baca juga :   Untuk Pelanggan PLN, Berikut Cara Ambil Token Listrik Gratis dari Jokowi

“Telah diputuskan Bapak Presiden, tadinya ada 3 alternatif di Sumatera Selatan, Merauke, dan Kalimantan Tengah. Diputuskan dipilih di Kalteng di eks lahan gambut. Tapi ini yang tidak ada gambutnya, ini adalah aluvial,” kata Basuki, Rabu (24/6/2020).

Basuki menjelaskan, proyek ini bakal dikerjakan di sekitar Sungai Barito di atas lahan seluas 165 ribu hektar. Di kawasan tersebut, Basuki menjelaskan, sebenarnya terdapat potensi pembukaan lahan seluas 295.500 hektar, namun pihaknya kini masih fokus di 165 hektar.

Baca juga :   Gaji ke 13 Terancam Lenyap Dibagikan, Jokowi Buat PNS Kaget, Jor-joran Gelontorkan Dana Insentif di Tengah Pandemi untuk Dunia Usaha

Selama ini, lahan 165 hektar tersebut sudah pernah dibuka sebagai persawahan namun tak terawat dengan baik. Inilah yang akan dijadikan food estate.

“Jadi di bagian pinggir Sungai Barito sebanyak 165 ribu hektar. Di sana ada 165 ribu hektar eks kawasan gambut PLG yang berupa aluvial. Potensi wilayahnya 295.500 hektar, namun yang sudah dicetak sawah dan sudah ada jaringan irigasinya seluas 165 ribu hektar,” bebernya.

Baca juga :   Omnibus Law Bakal Permudah Impor Buruh Asing

“Dengan menggerakkan BUMN, Menhan juga termasuk untuk bisa ikut, karena menurut beliau, ini adalah program ketahanan non-militer,” kata Basuki. (CNBC/kataberita)