Polemik Lirik Lagu Aisyah Istri Rosulallah, Begini Kata Ust. Abdul Somad (UAS)

oleh

Jakarta – Polemik mengenai lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah masih menjadi perdebatan panjang dari kalangan sejumlah pemuka agama dan umat Islam. Belakangan, pendakwah kondang ustaz Abdul Somad atau UAS, ikut mengemukakan pendapat terkait hal itu.

Permasalahan bermula dari sebagian orang yang berpendapat bahwa lirik lagu tersebut tidaklah sopan. Pasalnya, nama Aisyah yang mulia sebagai istri Nabi Muhammad SAW disebut tanpa menambah embel-embel gelar atau panggilan yang layak.

Baca Juga :   Duh Sepasang ASN Ditemukan Pingsan Bugil di Dalam Kendaraan

Mestinya menurut mereka, nama perempuan berjuluk Humairah itu disebut dengan sapaan mulia seperti Siti Aisyah atau Syaidah Aisyah. Terlebih, lirik lagu tersebut hanya menonjolkan kelebihan fisik yang dimiliki Aisyah, alih-alih menceritakan kemuliaannya.

Namun begitu, sebagian umat Islam lain berpendapat bahwa lirik lagu tersebut sah-sah saja. Pasalnya, tembang tersebut masih dalam konteks berisi pujian dan sanjungan tentang betapa Rasulullah mencintai betul Aisyah dengan segala keromantisannya.

Baca Juga :   Sepenggal Kisah Asmara di Tengah Hebohnya Skandal Garuda

Merespon banyaknya pertanyaan mengenai pertentangan tersebut, ustaz Abdul Somad berpendapat bahwa kedua penilaian sama baiknya lantaran didasari kecintaan kepada keluarga Nabi Besar Muhammad. Dalam sebuah video yang diunggahnya di Instagram, UAS pun membeberkan opininya.

“Aisyah itu ibu saya. Yang mengatakan bahwa Aisyah itu ibu saya adalah Allah SWT. Istri Nabi Muhammad SAW itu ibu kamu’. Jadi Aisyah itu ibu saya,” kata UAS dalam video tersebut, dikutip Tagar pada Rabu, 8 Apri 2020.

Baca Juga :   Nyai Sentil Keras UAS: Jangan Jual Penderitaan Rakyat, Kemarin Kapal Selam, Sekarang Galang Dana Palestina...

UAS mengatakan, permasalahan dalam polemik mengenai lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah dapat diumpamakan dengan sebuah kejadian. Misalnya, kata dia, ada seorang keponakan yang bertanya kepadanya mengenai sosok neneknya.