Syah! Wahyu Setiawan Diberhentikan dari Anggota KPU

oleh -

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik penyelenggara pemilu untuk memutuskan nasib eks komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Hasilnya, Wahyu diberhentikan secara resmi dari jabatannya.

Sidang berjalan dengan pembacaan amar putusan masing-masing oleh anggota DKPP yakni Ida Budhiati dan Teguh Prasetyo. Kemudian Ketua DKPP Harjono selaku pemimpin sidang membacakan putusan di akhir sidang.

Baca Juga :   Saat Jokowi Divonis Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua, Simak Baik baik

“Memutuskan mengabulkan pengaduan para pengadu untuk seluruhnya,” kata Harjono di Ruang Sidang DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).

“Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Wahyu Setiawan selaku anggota KPU RI sejak putusan ini dibacakan,” ujarnya.

Selain itu Harjono juga membacakan putusan lainnya yakni memerintahkan Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan putusan DKPP. Kemudian putusan lainnya ialah DKPP meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk melaksanakan putusan tersebut paling lambat tujuh hari sejak putusan tersebut dibacakan.

Baca Juga :   Sekjen PDIP Hasto Dikabarkan Ditangkap, Ini Jawaban KPK

Wahyu Setiawan selaku pihak teradu sendiri tidak hadir dalam sidang tersebut. Sedangkan pihak yang hadir ialah para pimpinan KPU sebagai pihak terkait datang ke ruangan satu persatu seperti Ketua KPU Arief Budiman, Komisioner KPU Hasyim Asyari dan Viryan.

Lalu ada juga pihak Bawaslu paling pertama kali muncul diantaranya ialah Ketua Bawaslu Abhan, anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo dan Rahmat Bagja. (Suara)

Baca Juga :   HMI Cabang Cianjur Bentuk Lembaga Bantuan Hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.