Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia Harus Cepat Ditindak Tegas

oleh -

Oleh : Deri Nurjadid (Ketua bidang LH dan HAM HMI Cabang Cianjur)

Kebakaran hutan di Indonesia bak menjadi tradisi bencana yang terjadi satu tahun sekali, ini menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan, karena pemerintah tidak dapat bertindak cepat dan tegas dalam menyelesaikan permasalahan.

Pemerintah Republik Indonesia saat ini dipimpin oleh Presiden Jokowi harus lebih serius menyikapi bencana dan jangan menganggap remeh bencana kebakaran hutan dan lahan.

Dalam hal penyelesaiannya pemerintah jangan hanya turun tangan pada saat terjadi kebakarannya saja dengan cara melakukan pemadaman, tetapi pemerintah harus melakukan penyelesaian bencana kebakaran ini dengan bertindak tegas mengusut penyebab terjadinya kebakaran tersebut sampai ke akar-akarnya, dari mulai mecari menindak tegas perusahaan ataupun inidividu yang membuka lahan baru, misal dengan cara dibakar serta memperketat pengamanan masuk hutan.

Jika pemerintah tidak bertindak tegas kejadian kebakaran hutan di Riau, Kalimantan, dan di kawasan kepulauan lainnya yang memiliki hutan dan lahan yang luas serta potensial, akan terus terjadi di setiap tahunnya, dan ini sangat berbahaya. Apalagi kalimantan adalah wilayah Ibukota baru negara Republik Indonesia.

Selain dari itu bencana ini pun akan mengancam ekosistem kehidupan di Kalimantan dari mulai mengancam kesehatan manusia dan punahnya hewan-hewan yang selama ini menghuni hutan di Kalimantan. Maka dari itu bidang LH dan HAM HMI Cabang Cianjur meminta pemerintah Indonesia bertindak tegas dan cepat menangani kebakaran hutan di Negara yang memiliki ribuan pulau ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.