Innalillahi Wa Innaillahi Rojiun, Ibunda Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Meninggal Dunia

oleh -
Ibunda SBY, Siti Habibah meninggal dunia, Jumat (30/8/2019). Ini rencana pemakaman, riwayat penyakit, hingga ucapan duka lewat karangan bunga.

kataberita.id – Kabar duka datang dari keluarga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ibunda SBY, Siti Habibah meninggal dunia, Jumat (30/8/2019). Siti Habibah meninggal pukul 19.23 WIB di RS Mitra Keluarga Cibubur.

“Telah berpulang kerahmatulloh hari ini Jumat 30/8/19 Ibu Siti Habibah ibunda dari Presiden ke 6 Bapak SBY di usia ke 87 tahun pukul 19.23 WIB di RS Mitra Keluarga Cibubur, Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT dan yg ditinggalkan diberi kekuatan Iman, Aamiin YRA. Rumah Duka Puri Cikeas Indah,” demikian pesan duka yang diterima Tribunnews.com, Jumat malam.

Politikus Andi Arief juga mengabarkan meningganya ibunda SBY.

Untuk diketahui, Siti Habibah dirawat di rumah sakit sejak 8 Agustus 2019 lalu.Artinya sudah hampir 20 hari lebih Siti Habibah dirawat. Siti Habibah sakit karena faktor usia.

Sebelumnya, ibunda SBY dirawat di RS Mitra Keluarga Cibubur sejak 8 Agustus 2019 lalu.
Sakit yang dialami Siti Habibah diketahui karena faktor usia.
Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean pada 12 Agustus 2019.
“Sebetulnya tidak bisa disebut sakit tertentu. Tapi ini memang karena penurunan fungsi fisik karena faktor usia.”

Baca Juga :   Sebelum Meninggal, Ternyata Rina Gunawan Masuk Ruang ICU Selama Seminggu

“Jadi kalau dibilang sakit, ya sakit tua. Sudah sepuh,” terang Ferdinand, seperti dilansir Kompas.com.
Tak hanya itu, berdasarkan catatan Tribunnews, ibunda SBY pernah memiliki riwayat sakit gangguan empedu.

Pada 2011 lalu, Siti Habibah pernah menjalani operasi.
Ketika itu SBY masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.
Saat Siti Habibah dirawat di RS Mitra Keluarga Cibubur, SBY sempat meminta doa pada warganet agar ibundanya diberi kesembuhan.
SBY juga mengunggah foto dirinya mencium kening Siti Habibah yang terbaring di ranjang rumah sakit.

“Saya beserta keluarga mohon doa dari seluruh sahabat agar Ibunda kami tercinta Siti Habibah yang saat ini sedang dirawat di ICU dapat diangkat segala penyakitnya oleh Allah SWT dan dapat kembali berkumpul bersama keluarga tercinta. Amin YRA. SBY,” tulis SBY di Twitter pada 13 Agustus 2019.
Dilansir Tribunnews, selama Siti Habibah dirawat, pihak keluarga bergantian menjaga.

Baca Juga :   SBY Gerah dan Seakan Beri Signal ke Moeldoko: Aku Lawanmu, Bukan AHY!

“Pak SBY, Mas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Mas Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY/Ibas) beserta mantu Pak SBY Mbak Anissa (Pohan) dan Aliyah (Rajasa) selalu bergantian menemani Eyang Habibah di RS. Setiap hari selalu ditemani,” ungkap Ferdinand, 12 Agustus 2019.
Rencana Pemakaman

Kepala Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari mengatakan, rencananya eyang Habibah akan disemayamkan di Cikeas, Bogor, Jawa Barat sebelum dikebumikan pada Sabtu hari ini.

“Selanjutnya dimakamkan besok pada hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2019. Tempat menyusul,” kata Imelda kepada Tribunnews, Jumat, (30/8/2019).
Setelah disemayamkan jenazah eyang Habibah rencananya akan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Pemakaman akan dilakukan selepas Dhuhur.

“Jenazah akan dimakamkan bada Dhuhur di Tanah Kusir,” katanya.
Sementara itu Wakil Ketua Umum Demokrat Roy Suryo mengatakan, rencananya rombongan keluarga SBY dan jenazah akan berangkat dari rumah duka di Puri Cikeas, menuju pemakaman secara bersamaan.
“Rombongan Jenazah dan Keluarga akan berangkat dari Rumah Duka Puri Cikeas Bogor sesudah waktu Dhuhur, diperkirakan sampai di lokasi pemakaman pukul 14.00 WIB,” pungkasnya.

Baca Juga :   Isu Kudeta Partai Demokrat, Reaksi SBY Disebut Terlalu Berlebihan dan Lebay

Pantauan Tribunnews.com, mobil-mobil pickup silih berganti datang membawa karangan bunga ucapan belasungkawa atas meninggalnya ibunda SBY, Siti Habibah atau biasa disapa Eyang Habibah.
Di antaranya, kiriman karangan bunga dari Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Panglima TNI, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Wakil Ketua MPR EE Mangindaan, Komnas HAM, Rachmawati Soekarnoputri, hingga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ibunda SBY Meninggal Dunia, Ini Rencana Pemakaman, Riwayat Penyakit, hingga Ucapan Belasungkawa, https://www.tribunnews.com/nasional/2019/08/31/ibunda-sby-meninggal-dunia-ini-rencana-pemakaman-riwayat-penyakit-hingga-ucapan-belasungkawa?page=4.
Editor: sri juliati

No More Posts Available.

No more pages to load.